by

UKS SDN I Cisalada Dinilai

Cigombong – SDN Negeri I Cisalada, yang mewakili Kecamatan Cigombong, dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Selasa kemarin, dinilai tim panitia lomba sekolah bersih tingkat Kabupaten Bogor.

“Perlombaan sekolah bersih ini bukan untuk mencari juara, tapi kita ingin melihat langsung bagaimana pengelola sekolah menerapkan atau mengimplementasikan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah,” kata Ketua Tim Penilai Lomba Syarief Hidayat.

Syarief lebih lanjut mengatakan, ada beberapa kriteria suatu sekolah dinyatakan bersih dan sehat, satu diantaranya tersedianya kantin yang menjajakan makanan bersih dan layak dikonsumsi serta adanya fasilitas pembuangan sampah di setiap sudut sekolah. “Selain itu kami juga menilai kebersihan di WC atau toilet, karena ini menjadi titik utama penilaian,” tegasnya.

Kepala SD Negeri Cisalada 1, Tatang Sobandi mengaku puas melihat kerja keras seluruh siswa dan staf pengajar di sekolahnya, yang dianggapnya berhasil membiasakan seluruh siswanya hidup bersih dan sehat. “Perlu dicatat, semua fasilitas untuk mendukung program UKS ini, murni dari hasil swadaya seluruh orang tua siswa,” terangnya.

Kepala UPT Pendidikan Cigombong, Zainudin membenarkan, lomba UKS tingkat SD ini bukan untuk mencari pemenang. “Kalau ingin pemenang gampang, tinggal lengkapi saja segala sesuatu yang dibutuhkan, tapi bukan itu yang menjadi tujuan, kami ingin lewat lomba ini, anak-anak SD ini kelak dewasa nanti tumbuh menjadi insane yang mencintai kebersihan dan lingkungan sekitarnya,” tandasnya. (zah)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *