by

Disdukcapil Kota Bogor Bentuk RW Percontohan

Bogor, bogorOnline.com – Demi memaksimalkan kinerja dinas dalam melayani masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Bogor kembali membuat program inovasi yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia. “Program ini kami namakan Rukun Warga (RW) percontohan, sama seperti blue room, ini adalah yang pertama di Indonesia” ujar Agus Suparman kepala bidang kependudukan. Acara yang digelar di kampung Kebon Kelapa, RW 01, kelurahan Baranang Siang, kota Bogor pada kamis (20/09/18) dihadiri oleh beberapa perwakilan RW di kota Bogor.

Agus juga menambahkan ada dua hal yang mendasari dipilihnya RW 01 sebagai RW percontohan di kota Bogor, pertama dalam hal administrasi kependudukan pengurus warga di RW 01 ini semuanya telah memiliki KTP-EL dan semua berkas kependudukannya juga lengkap. Selain itu secara akses RW 01 ini posisinya ada di gerbang masuk kota Bogor jadi dinas menganggap lokasinya strategis. “diwilayah sini kita tahu ada tugu kujang sebagai monumen maka tepatlah kalau RT 01 RW 03 ini kita jadikan sebagai RW percontohan atau pilot project di kota Bogor.

Menurut Agus tidak semua kecamatan diundang untuk kepengurusan awal ini, hanya tiga kelurahan dulu di kecamatan Bogor timur yang diundang, selanjutnya baru akan diperluas ke wilayah lain di kota Bogor. RW percontohan ini memiliki keunggulan dimana pengurusnya harus memiliki semua berkas kependudukan dari mulai KTP-EL, kartu Keluarga (KK), hingga Akta Kelahiran sehingga bisa dicontoh oleh warga sekitar didaerahnya. “Selain akta kelahiran dengan adanya program RW percontohan ini kami ingin warga kota Bogor juga tertib dalam pembuatan akta kematian, jadi jika ada kejadian bisa langsung melaporkan ke disdukcapil” ujar Agus.

Setelah kegiatan ini selesai digelar, Agus berharap agar digelar bimbingan teknis (Bintek) khusus untuk RW yang telah ditunjuk sebagai RW percontohan. Ketika dikonfirmasi awak media, ketua RW 01 Eman Sulaeman mengungkapkan bahwa dirinya merasa terhormat ketika didaulat sebagai RW percontohan oleh Disdukcapil kota Bogor. “Alhamdulillah ini suatu kehormatan untuk saya dan warga RW 01” ujar Eman. Selain itu Eman meyakinkan kalau seluruh warga RW 01 yang usianya 17 tahun keatas telah memiliki KTP-EL semua sehingga tingkat tertib administrasi kependudukan diwilayahnya tercapai seratus persen.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *