by

Tetap Maksimal Meski Belajar dari Rumah

Tips Agar Belajar di Rumah Lancar & Maksimal

Reporter: M Habibur Rohman

Fotografer: M Habibur Rohman

Tak dipungkiri, pandemi covid-19 telah memberikan dampak ke banyak aspek dalam kehidupan, salah satunya ialah pendidikan di perguruan tinggi. Untuk menyiasati hal tersebut, banyak universitas telah memberlakukan kebijakan belajar di rumah untuk menjaga keselamatan seluruh sivitas akademik. 

Munculnya berbagai masalah pembelajaran dirumah saat masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pihak. Pembelajaran yang semula dilakukan secara konvensional dengan mempertemukan dosen dan mahasiswa, kini mau tidak mau harus dilakukan secara daring. 

Metode pembelajaran yang baru ini memaksa seluruh sivitas akademik untuk beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar di perguruan tinggi. Selain itu, seluruh sivitas akademik juga harus beradaptasi dengan berbagai tantangan baru yang muncul saat pembelajaran daring, diantaranya yaitu, sumber daya manusia yang masih gagap teknologi, keterbatasan bahan pembelajaran, terganggunya praktek dan studi lapangan, keterbatasan biaya, dan sebagainya. 

Untuk menyiasati hal itu, berikut ini kami sajikan beberapa tips agar pembelajaran daring di rumah berjalan dengan lancar. Apa saja tipsnya? Yuk simak info menarik di bawah ini.

Belajar Mandiri

Selama kuliah daring, bisa jadi pengajar tidak akan maksimal dalam menjelaskan materi karena berbagai kendala yang dihadapi. Oleh karena itu, kamu harus memperbanyak belajar mandiri agar tetap dapat memahami materi yang diberikan. Kamu bisa memperbanyak membaca literatur atau berdiskusi dengan teman agar memperoleh pemahaman yang mendalam terkait materi yang kami pelajari. 

 

Pemilihan Media Belajar yang Tepat

Banyak pilihan media yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran, misalnya seperti WhatsApp, Line, Telegram, Zoom, Google Class, Google Meet, Discord, dan sebagainya. Agar pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar, gunakanlah media yang menurutmu sesuai dengan kebutuhan kamu agar terhindar dari berbagai kendala saat proses belajar sedang berlangsung. Misalnya, saat proses pembelajaran membutuhkan persentasi, kamu bisa gunakan Discord dan Google Meet.

 

Rajin Mencari Referensi

Mencari referensi dan bahan bacaan mungkin menjadi tantangan tersendiri di situasi pandemi seperti ini. Pasalnya, pembelajaran dilakukan di rumah dan jauh dari perpustakaan, sehinga kebutuhan akan bacaan dan sumber referensi baru pun jadi terhambat. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa melakukan beberapa cara alternatif, diantaranya yaitu memanfaatkan pelayanan perpustakaan digital di kampus masing-masing, sehingga kamu tidak perlu repot-repot datang ke perpustakaan untuk menikmati layanan pustaka. Selain perpustakaan digital, kamu bisa memanfaatkan fitur Google Cendekia untuk mencari referensi materi ataupun penelitian tentang materi yang kamu pelajari. 

 

Rajin Bertanya

Banyak kendala yang dialami saat proses pembelajaran daring, salah satunya adalah penyampaian dan penerimaan materi yang kurang maksimal akibat berbagai kendala mulai dari kendala teknis hingga sulitnya materi yang dipelajari. Oleh karena itu, agar pemahaman kamu terhadap materi yang diberikan lebih maksimal, kamu harus sesering mungkin bertanya pada pengajar terkait apa yang tidak kamu pahami. Hal ini dapat membantu kamu agar memehamid an menerima materi pembelajaran lebih maksimal.  

 

Pilih Provider yang Murah dan Bagus

Kunci sukses pembelajaran daring terletak pada kelancaran koneksi internet. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah provider internet yang kualitasnya baik dan tentunya harga paket internet nya sesuai dengan kantong kamu. Memilih provider yang tepat dapat membantu kelancaran pembelajaran daring agar bebas dari berbagai macam kendala. 

 

Jaga Kesehatan

Hal yang tidak kalah penting agar pembelajaran daring kamu tidak terganggu ialah menjaga kesehatan fisik dan mental. Hal ini sangat penting agar kamu tetap bisa beraktivitas dan belajar dengan lancar tanpa terkendala oleh keluhan kesehatan. Perbanyak asupan makanan yang bernutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah sakit, serta kelola pikiran agar tidak mudah stress.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba agar pembelajaran daring yang kamu lakukan berjalan dengan lancar, nyaman dan lebih maksimal. Selamat mencoba!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed