by

Kunjungi Cilendek Barat, DPS Pastikan BLT UMKM Tepat Sasaran

BOGORONLINE.com, Anggota DPRD Kota Bogor, Devie Prihatini Sultani melakukan kunjungan ke warga penerima bantuan langsung tunai usaha mikro kecil menengah (BLT UMKM) di wilayah Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Kunjungan itu dilakukan untuk memastikan program BLT UMKM yang disalurkan tepat sasaran. Dalam kunjungannya, politisi NasDem yang akrab disapa DPS itu melakukan dialog dengan ketua RT dan warga setempat mengenai program-program pemerintah bagi masyarakat agar mereka aktif juga bergerak memanfaatkan program-program tersebut.

“Masih ada beberapa yang belum mendapat berita, ada juga yang sudah mendapatkan sms dari bank yang ditunjuk. Saya berikan pemahaman kepada mereka semua ada proses, ada mekanisme karena program ini berlaku di seluruh Indonesia, maka bertahap. Kalau proses verifikasi faktual lolos maka dipastikan warga yang mengajukan akan menerima hanya sabar waktunya. Kalau ternyata persyaratan ada yang tidak sesuai dari yang diharuskan, maka penerima bantuan ini kemungkinan besar gagal menerima bantuan,” kata DPS kepada awak media, Minggu (25/10/2020).

Namun demikian, ia mengungkapkan, warga penerima program mayoritas sudah melakuan pencairan. Selain itu, ada yang tinggal menunggu pencairan karena sudah mendapatkan sms dari bank yang ditunjuk dan ada juga yang masih menunggu informasi lebih lanjut.

“Insya Allah kita bantu kawal, sinergi aktif dengan dinas terkait (Dinas Koperasi dan UMKM) yang kita rasa memang sangat membantu pro aktif dalam meluncurkan program ini. Maka warga yang telah menerima bantuan tidak lupa mengucapkan terima kepada Pak Presiden, Kementrian Kop dan UMKM , Pemkot Bogor juga Pak Kadiskop dan UMKM Kota Bogor,” ucapnya.

Anggota Komisi IV itu juga mengatakan bahwa di wilayah Gang Cendana saja ada lebih dari 20 penerima BLT UMKM atau bantuan presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta. “Tadi saya kunjungi sekitar 10, bantuan berupa uang sejumlah Rp2,4 juta. Tadi juga saya sempat tanyakan apakah ada potongan? Mereka semua menjawab tidak ada.”

Dalam kesempatan ini, DPS mengemukakan, kendala bagi mereka yang mempunyai cicilan/hutang baik ke bank atau lembaga keuangan maka gagal menerima bantuan ini juga dikeluhkan oleh mereka. “Tadi ada salah satu pak RT bilang , mereka pinjamkan untuk usaha karena memang tidak ada modal bu. Seperti itu. Saya dan sy team DPS terus komitmen akan mengawal program-program baik dari pusat, provinsi maupun kota agar tepat sasaran, tepat waktu sampai ke masyarakat,” tegasnya.

Berkaitan pandemi Covid-19, ia juga mengingatkan agar warga peduli dengan tetangga sekitar, saudara dan lingkungan untuk terus menjalankan protokol kesehatan dan bantu warga yang memang harus terpaksa isolasi mandiri di rumah.

“Saya dan team DPS tadi membagikan masker kepada warga dan selalu mengingatkan 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) dijalankan sehingga bisa meminimalisasi kasus positif Covid-19, OTG dan agar ekonomi bisa bangkit kembali,” tandasnya.

Selain di Cilendek Barat, Team DPS melakukan penyemprotan disinfektan di pemukiman warga di wilayah Kelurahan Margajaya. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed