by

Simak yuk manfaat dari Wedang uwuh

foto : istimewa

Bogoronline.com – Racikan minuman tradisional yang satu ini sangat bermanfaat kala musim hujan tiba. Wedang uwuh merupakan salah satu minuman warisan leluhur yang sangat menyehatkan. Minuman ini berasal dari Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Imogiri.

Secara etimologi, “wedang” dalam bahasa Jawa berarti “minuman”. Sedangkan “uwuh” berarti “sampah”. Sampah yang dimaksud adalah sampah dedaunan.

Wedang Uwuh bukanlah sampah seutuhnya. Tetapi karena pencampuran bahan-bahan inilah yang membuat minuman ini terlihat seperti sampah yang terkumpul dalam air. Bahan yang digunakan untuk membuatnya antara lain kayu secang, kayu manis, jahe, cengkeh, pala/daun, pala, akar sereh dan kapulaga. Dilihat dari bahan pembuatannya yang sangat alami, tentu bisa kita bayangkan manfaat dari minuman ini.

Berikut beberapa manfaat dari wedang uwuh tersebut :

1.Menurunkan Kolesterol

Pertama, wedang uwuh dapat menurunkan kolesterol. Bahan yang terkandung dalam wedang uwuh yang dapat menurunkan kolesterol adalah jahe. Jahe, sangat berguna sebagai pemancar peredaran darah dalam tubuh. Sifat keungggulan yang dimiliki jahe mampu mencegah terjadinya pembekuan darah dan lebih baik jika dibandingkan dengan bawang merah atau bawang putih.

2. Mengobati Masalah Perut

Kandungan lain yang terdapat dalam wedang uwuh selain jahe adalah  kayu manis. Kayu manis inilah yang akan membuat rasa dari minuman herbal ini menjadi lebih nikmat. Kayu manis, mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat menangkal parahnya radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan mengatasi masalah perut.

3. Membersihkan racun di hati

Pala dalam wedang uwuh berkhasiat untuk membersihkan racun yang terkandung dalam hati dan ginjal. Kedua organ tersebut merupakan tempat racun berkumpul. Karena itu, proses detoksifikasi sangat penting bagi kesehatan. Namun, pala belum diketahui bisa atau tidak mengobati hati yang terluka ya.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Wedang uwuh juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan kapulaga dan jahe yang ada di dalamnya. Kapulaga dapat melawan bakteri dan patogen lainnya sehingga tubuh lebih terasa berenergi. Ekstrak jahe merah juga dapat membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh dan mampu menghambat pertumbuhan Candida albicans. Rimpang jahe merah mengandung gingerol yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antikarsinogenik, antibakteri, antioksidan, dan antitumor.

5. Menghangatkan tubuh

Tidak hanya beraroma segar saja, cengkeh juga bisa menimbulkan efek farmakologis sebagai antiseptik. Dalam dunia medis, minyak cengkeh juga dipakai untuk meredakan sakit gigi.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed