by

Singkong Ampuh Mencerahkan Wajah, Begini Caranya

Dalam kehidupan sehari-hari singkong dikenal sebagai tanaman yang mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti getuk, keripik singkong, tapai singkong dan sebagainya. 

Singkong memiliki nama ilmiah Manihot Utilissima. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN) yang akan memberikan rasa pahit.

Menurut Prisalia Wardani, selain diolah menjadi berbagai makanan, singkong juga menyimpan khasiat untuk kulit. Efek framologis dalam singkong bisa dijadikan antioksidan, antitumor, antikanker, dan dapat menambah nafsu makan.

Singkong juga bisa digunakan sebagai masker wajar agar menjadi cerah dan halus. Ini karena singkong memiliki saripati sebagaimana bengkoang yang mampu mendinginkan kulit wajah sehingga kulit wajah akan cerah dan halus. Untuk itu Anda cukup membuat masker singkong  

1. Kupas dan parut singkong yang masih muda

2. Tambahkan air secukupnya

3. Pastikan keduanya benar-benar tercampur

4. Oleskan pada wajah atau dijadikan sebagai masker wajah

5. Biarkan beberapa saat sampai mengering

6. Bilas dengan air hangat

7. Agar hasil maksimal lakukan setiap hari menjelang tidur.

Selain dijadikan masker, singkong yang di olah menjadi ‘tapai singkong’ juga memiliki khasiat yang sama untuk menghaluskan kulit dengan cara mengonsumsi secara langsung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed