by

Tips Merawat Celana Jeans Kesayangan Agar Tetap Awet

BOGORONLINE.com, Bogor – Jeans adalah salah satu pakaian umum yang digunakan oleh banyak kalangan. Sifatnya yang timeless dan juga bisa di padu-padankan dengan atasan dan sepatu apapun. Ini yang menjadi salah satu alasan semua orang wajib punya di dalam lemari pakaian. Dulu awalnya jeans adalah sebuah brand ternama yang di ciptakan oleh Levis Strauss yang pertama kali membuat celana dari kanvas layar yang menandai awal sejarah jeans pada 1853.

Namun, tidak semua orang paham akan merawat celana jeans ini sehingga warna jeans akan terlihat lebih cepat pudar. Cara merawat jeans agar tidak cepat pudar merupakan cara yang tepat untuk menjaga jeans kesayanganmu. Karena mempertahankan warna jeans akan menjadi daya tarik sendiri saat digunakan. Dilansir dari laman Esquire, bahan denim atau jeans yang sering di cuci justru akan bertahan lebih lama.

Berikut tips merawat celana jeans agar tetap awet :

1. Disarankan membalikan celana jeans sebelum memasukannya ke dalam mesin cuci.
Cara ini dimaksudkan agar membantu menjaga warna jeans, serta memungkinkan bagian paling kotor dari celana jeans (bagian dalam) agar mendapatkan lebih banyak paparan air dan diterjen. Serta hindari mencuci jeans dengan air hangat atau panas ya.

2. Gunakan air dingin dan deterjen untuk jeans.
Deterjen khusus denim membantu meningkatkan kualitas jeans anda dengan memangkas serat yang berserabut dan melindunginya dari perubahan warna, pilling, dan fading. Pastikan hanya untuk mencuci jeans dengan pakaian berwarna gelap lainnya.

3. Hindari mencuci jeans dengan menyatukan warna-warna yang terang.
Cuci jeans anda dengan pakaian gelap lainnya (hitam, abu-abu, atau biru) karena akan membantu menjaga warna bahan tidak pudar.

4. Keringkan jeans anda.
Ikuti instruksi pengeringan pada label perawatan kain. Secara umum, jeans anda akan bertahan lebih lama jika anda mengeluarkannya dari pengering yang sedikit lembab. Ratakan menjadi bentuk dan biarkan kering di permukaan datar atau gantungan.

5. Lewati untuk di setrika
Anda sebaiknya tidak perlu menyetrika celana atau jaket jeans. Hal ini dapat membuatnya lebih awet. Gantung dengan hati-hati lipat di bagian lutut dan gantung melalui gantungan kayu untuk di simpan di lemari pakaian anda.

Reporter : sausan de ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed