by

Merawat Gorden Agar Tetap Awet Digunakan dengan Lakukan 4 Cara Mudah ini

(Sumber: IDN Times)

BOGORONLINE.com, – Kain penghalau sinar gorden juga penting untuk dijaga kebersihannya. Debu yang menempel terlalu lama bisa merusak warna kain gorden dan bisa menjadi sarang kuman dan debu.

Salah ketika merawat gorden juga dapat membuat kualitas kain penutup jendela menjadi tidak terawat dan cepat rusak. Agar gorden menjadi lebih indah dan tetap sebagai fungsinya menjaga privasi.

Nah, berikut ini ada 4 cara mudah untuk merawat gorden yang dapat kamu lakukan di rumah tercinta.

1. Perawatan Berkala

Hal yang harus diperhatikan ketika merawat gorden adalah menjaga agar warna tak cepat pudar dan kain tak cepat rusak. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya pencucian gorden tak dilakukan terlalu sering.

Kamu dapat melakukan pencucian gorden 3-6 bulan sekali. Tergantung pada jenis kain gorden dan ruangan yang ditempati. Untuk merawat gorden secara berkala, kamu dapat membersihkan menggunakan vacuum cleaner. Dapat dilakukan 1 minggu sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk.

2. Cek Jenis Kain Gorden

Ketika ingin merawat gorden, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis bahan dari gorden itu sendiri. Ada dua jenis kain gorden yang kerap digunakan, bludru dan chenille.

Saat mencuci bludru, kamu harus hati-hati jangan sampai bulu bludru jadi mudah rontok. Hindari memeras dengan memelintir kain. Sedangkan untuk jenis chenille, gunakan system dry cleaning agar kain tak mudah menciut. Sebab, kain jenis ini saat terkena air akan mengalami penyusutan.

3. Mencuci Vitrase

Warna putih vitrase pada gorden membuatnya cepat kotor, maka pencucian harus rutin dilakukan. Tujuannya agar warna putih pada gorden tidak mudah menjadi kusam dan berwarna kecokelatan.

Bila vitrase menggunakan renda dan pola bordir, sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan. Hindari menggunakan sikat dan mesin cuci agar serabut renda tidak cepat rusak.

4. Cara Jemur

Merawat gorden harus memperhatikan beberapa jenis kain yang rentan pudar warnanya apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Jadi sebaiknya kain diletakan pada area jemur yang beratap.

Semoga bermanfaat ya, selamat mencoba.

 

(Dea Rizky Ramadhan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed