by

Wali Kota Bogor Saksikan Penyerahan DIPA dan TKDD 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 secara simbolis kepada delapan kementerian yang didasarkan atas fokus belanja pemerintah 2021 di Istana Negara, Rabu (25/11/2020).

Penyerahan DIPA dan TKDD 2021 ini pula disiarkan secara zoom meeting kepada seluruh pemerintah daerah se-Indonesia. Tak terkecuali Wali Kota Bogor Bima Arya yang turut menyaksikan di ruang kerjanya, Balai Kota Bogor.

Presiden Jokowi mengatakan, pada 2021 mendatang Indonesia masih menghadapi ketidakpastian mengingat ekonomi global pun masih dalam ketidakpastian. Namun, kecepatan, ketepatan dan akurasi tetap harus menjadi karakter dalam penyusunan APBN 2021. APBN 2021 pun masih berfokus pada penanganan kesehatan (vaksinasi), perlindungan sosial untuk kelompok tidak mampu dan rentan, pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural.

“APBN Tahun Anggaran 2021 tumbuh 0,4 persen dibanding tahun 2020. APBN 2021 sebesar Rp 2.750 Triliun yang dibagi untuk Belanja K/L Rp 1.032 Triliun, DTD & Dana Desa Rp 795,5 Triliun,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, proses penyusunan dan penetapan UU APBN Tahun Anggaran (TA) 2021 dilaksanakan tepat waktu meski di tengah Pandemi Covid-19 secara daring dengan tetap mengedepankan transparansi.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada DPR dan DPD atas kolaborasi dan kerja sama baik di masa Pandemi Covid-19.

“Proses DIPA dan TKDD dilakukan lebih awal untuk memberikan perlindungan dan pemulihan ekonomi,” pungkasnya. (fla/indra-SZ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed