by

BCC ‘Mati Suri’, Kadisnaker : Sedang dalam Optimalisasi Sistem

Bogoronline.com, Cibinong – Bogor Career Center (BCC) yang diluncurkan Ade Yasin pada 2019 lalu nampak kurang bermanfaat lantaran tidak update dalam menginformasikan lowongan kerja (Loker).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Zaenal Ashari mengatakan bahwa pihaknya tengah melakukan optimalisasi situs BCC yang saat ini masih terbilang masih kurang user friendly.

“BCC memang launching di tahun 2019 dan rencananya menjadi pusat data dan pelayanan juga pusat informasi untuk para pencari kerja. Sementara ini kita terus melakukan optimalisasi. Jadi kedepannya, setiap para buruh yang akan mencari pekerjaan datangnya ke Disnaker atau langsung ke situs BCC,” kata Zaenal Ashari ketika, (2/3).

Fitur-fitur yang lama, Kata Zaenal, akan dirubah dan ditambahkan kembali agar benar-benar lengkap dan mudah diakses. Dia menargetkan tahun 2021 ini bisa segera selesai pengoptimalan.

“Sekarang kita sedang melakukan perubahan-perubahan sistem supaya lebih optimal lagi. Seperti penambahan fitur-fitur, ruang dan server sistemnya yang belum lengkap,” kata Dia

Di tempat yang sama, Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja, Joko Sumarno mengatakan, dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bogor, Disnaker tidak hanya memfokuskan pada website BBC saja, tapi juga berupaya meningkatkan kualitas para pencari kerja dengan melakukan Balai Latihan Kerja (BLK).

“Nanti juga kita akan terus adakan Balai Latihan kerja untuk mengembangkan kemampuan mereka pada bidang pekerjaan yang mereka inginkan. Jadi saat akan melamar pun mereka memenuhi standarisasi perusahaan yang akan ia lamar,” kata Joko.

BLK juga, kata Joko, tidak hanya mencetak para pekerja namun mencetak para wiraswasta dengan bekal yang diberikan pada saat pelatihan.

“supaya dapat penghasilan kita bentuk mereka sebagai wiraswasta supaya tidak menunggu lowongan kerja,” tuturnya.

Dia juga menginformasikan kuota peserta BLK pada tahun 2020 mencapai 100 ribu orang dengan 13 kejuruan.

“Kuotanya tahun kemarin 100 ribu karena aneka kejuruan, kita ada 13 kejuruan. Tahun ini sedang dalam pembahasan,” tutupnya. (eg)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *