by

Selama Pandemi, Produksi Sampah Kabupaten Bogor Naik 1.000 Ton Per Hari

Bogoronline.com, Cibinong – Pandemi COVID-19 di Kabupaten Bogor nampaknya berpengaruh terhadap produksi sampah di Bumi Tegar Beriman tersebut. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Asnan Suganda mengatakan, ada peningkatan volume sampah sebesar 1.000 ton dalam sehari.

“Berdasarkan kajian kita sebelum pandemi produksi sampah kita sebesar 2.000 ton dalam sehari, nah di masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Bogor meningkat menjadi 2.800 sampai 3.000 ton dalam sehari,” ujarnya, kepada Bogoronline.com, Rabu (3/3).

Asnan menambahkan, ada kenaikan sebesar 800 ton hingga 1.000 ton sampah dalam sehari. Kenaikan tersebut, bisa jadi karena aktivitas masyarakat di masa panndemi lebih banyak di rumah, karena pemberlakuan work frome home dan pembelajaran jarak jauh. “Intinya ada kenaikan,” kata dia.

Tingginya produksi sampah, lanjut Asnan menjadi persoalan yang cukup serius. Pasalnya, kemampuan DLH mengangkut sampah dalam sehari hanya 600 ton perhari ke TPA Galuga. Sampai saat ini Pemerintah juga belum memiliki alternatif lain untuk membuang sampah.

“Seusai dengan kajian kita, itu kurang lebih 2.800 ton per hari nya. Tapi yang diangkut ke TPA Galuga hanya 600 ton,” tandasnya (eg)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *