by

Wakil Bupati Bogor Ingin Kabekraf Terlibat dalam Pemulihan Ekonomi

BOGORONLINE.com, Cibinong- Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengapresiasi Komite Kabupaten Bogor Ekonomi Kreatif atau KABEKRAF yang telah berupaya melakukan pendataan dan pendalaman tentang potensi Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Kabupaten Bogor. Selain itu, Ia juga menilai bahwa ekraf adalah salah satu sektor yang sangat berperan dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Untuk itu, Ia berharap KABEKRAF segera dikukuhkan dan terlibat dalam program pemulihan ekonomi daerah.

“Kabekraf ini sangat membantu pemerintah dalam memperkenalkan 17 subsektor ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Bogor, berikut juga dengan pemulihan ekonomi yang digagas oleh pemerintah daerah. Maka dari itu kita sebagai unsur pemerintah juga harus mendukung, terkait pentingnya legal standing sebagai bahan dasar pergerakannya,” kata Iwan saat menerima audiensi Tim KABEKRAF di Ruang Rapat Wakil Bupati Bogor, Cibinong, Kamis (25/3/2021).

Sementara itu, Direktur KABEKRAF Alfisa Triatmoko menjelaskan bahwa Dia bersama timnya memiliki Grand Design Program bernama Panca EKRAF. Panca EKRAF merupakan langkah yang akan dilakukan oleh Kabekraf dalam melakukan pendataan, pendampingan, penyusunan peta jalan hingga meningkatkan transaksi agar dapat memberikan pendapatan untuk daerah (PAD).

“Dalam prosesnya, panca EKRAF sendiri merupakan kepanjangan dari Eksplorasi data dan potensi, Koneksi, Re-branding, Akselarasi, dan Festival. Sebagaimana ini adalah langkah yang akan menjadi program dalam menjalankan strategi atau road map pengembangan ekonomi kreatif yang disesuaikan dengan RPJMD Kabupaten Bogor,” ungkap Alfis sapaan akrabnya.

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa Panca EKRAF terinspirasi dengan program besar Bupati Ade Yasin dan Wabup Iwan Setiawan dalam memajukan Kabupaten Bogor yakni Pancakarsa. Dalam paparan Kabekraf, Alfis juga menyampaikan terkait visi misi Kabekraf, masalah yang ada di lapangan, serta dukungan yang diinginkan oleh para pelaku ekraf Kabupaten Bogor.

“Data yang kami dapatkan ini sudah melewati proses kurasi dan pendalaman dari sampling yang sudah dilakukan per tanggal 16 Juli 2020 sampai 15 September 2020,” tambahnya.

Beberapa SKPD juga turut hadir dalam audiensi ini dan mendukung serta mengajak bersinergi dengan Kabekraf untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang sempat turun menjadi -1,19% akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Hadir bersama KABEKRAF, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai “ibu kandung” dari bidang ekonomi kreatif yang diwaliki oleh Kepala Seksi Ekraf Dadang Siradjudin. Dadang menyampaikan dukungan penuh kepada Kabekraf agar bisa segera dikukuhkan.

“Supaya proses pergerakan Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Bogor ini menjadi leluasa dalam menjalankan tugasnya membantu pemerintah daerah maka harus segera dikukuhkan,” pungkasnya. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *