Pelaku UMKM Harus Melek Teknologi

Bogor Raya562 views

 

Bogoronline.com – Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Cibinong bersama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor menggelar talk show Ekonomi UMKM berbasis online. Acara bertajuk Strategi Bisnis Online Ala Artis yang digelar di Aula Gedung BJB Cibinong tersebut, bertujuan mengajak pelaku UMKM untuk melek teknologi di era revolusi industri 4.0.

Kepala Cabang Bank BJB Cibinong, Boy Panji Soedrajat menyampaikan, pandemi covid-19 membuat penggunaan platform digital melonjak secara drastis terutama di sektor jual beli.

“Namanya penjualan online dari tahun ke tahun itu terus meningkat, sekarang masa pandemi ini secara tidak langsung membawa kita loncat di revolusi industri 4.0. karena yang asalnya kita masih enak aja dengan sistem offline. Tapi adanya pandemi adanya lockdown, PSBB, orang-orang gak bisa bebas untuk beraktivitas, sehingga, larinya ke sistem online,” kata dia kepada wartawan, Rabu (14/4).

Senada dengan Boy, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana menyampaikan, dengan diadakannya seminar tersebut, dia berharap pegiat UMKM di Kabupaten Bogor memanfaatkan teknologi yang semakin meningkat.

“Alhamdulillah tentu pelatihan ini akan mendorong pelaku UMKM agar supaya lebih kuat lagi dalam era digitalisasi,” kata dia.

Di tempat yang sama, Eli Sugigi yang dihadirkan sebagai narasumber menyampaikan, kiat-kiat sukses jual beli online, yakni percaya diri dan berlaku jujur.

“Jujur dan jangan malu. Jangan malu saat berjualan selagi halal. Kiat-kiat bisnis online saya dari 10 tahun sudah berjualan ke sekolah-sekolah, “ucapnya.

Selain itu, hasil dari kerja keras dia berjualan online melalui Instagram bisa mencapai Rp1.5 juta dalam hanya 3 jam Live Instagram. (Egi)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *