by

Fokus Membangun Desa, Ade Yasin Dinobatkan Sebagai Bunda Desa

BOGORONLINE.com, CIBINONG – Pengurus Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Bogor Periode 2021-2027 resmi dilantik. Dalam acara pengukuhan PABPDSI, Ketua Penyelenggara sekaligus mengutarakan Bupati Bogor Ade Yasin dinobatkan sebagai “Bunda Desa”.

“Di hari yang bersejarah ini bagi PABPDSI Kabupaten Bogor, saya mendaulat Ibu Bupati Bogor Ade Yasin untuk menjadi Bunda Desa Kabupaten Bogor. PABPDSI akan selalu bersama Bupati,” ungkap Ketua Penyelenggara Abdul Qodir.

Ade Yasin di daulat menjadi Bunda Desa Oleh PABPDSI karena didasari dari 4 kebijakan Bupati pada 4 hal, yang pertama Peningkatan SDM Desa melalui Sekolah Pemerintah Desa, kedua Peningkatan Digitalisai dan menciptakan Smart Village melalui Program Desa Presisi dan Lomba Profile Desa, ketiga Mendorong Perekonomian Desa Melalui Lomba Wisata Desa dan Penguatan Bundes, yang keempat Percepatan Infrastsruktur melalui Program Bedah Kampung, Penuntasan 215 Jembatan Rawayan dan Program Samisade.

“Terima kasih, tadi saya dinobatkan sebagai Bunda Desa, itu adalah sebuah penghargaan, mungkin mereka mengamati saya fokus membangun desa, kemanfaatan saya sebagai Kepala Daerah itu terasa di Desa terutama dari segi memberikan anggaran yang diluncurkan untuk desa. Pembinaan dan peningkatan SDM akan kami lakukan secara intens. Kita ingin Desa di Kabupaten Bogor, yang dekat dengan Jakarta ini bisa lebih maju, hal ini harus memicu kita untuk terus fokus membangun desa, baik itu pembangunan fisik maupun sumber daya manusia,” ungkap Ade Yasin.

Bunda Desa Ade Yasin juga mengingatkan PABPDSI agar terus bersinergi dengan Kepala Desa untuk terus membangun desa. Ade Yasin menambahkan, pengukuhan PABPDSI sekaligus jadi momentum untuk membangkitkan Wisata Desa, karena Desa Wisata hari ini juga jadi salah satu andalan untuk ikut serta pemulihan ekonomi daerah.

“Wisata Desa itu salah satu potensi, potensi desa itu yang harus dikembangkan, dimanfaatkan, dimaksimalkan. Banyak proses yang kita bantu, termasuk peningkatan infrastruktur di Desa menuju lokasi wisata. Kita juga ada lomba wisata desa, yang dikhususkan untuk desa-desa yang punya potensi wisata. Dan lebih difokuskan kepada yang dikelola oleh BUMDES,” kata Bupati Bogor.

Ade Yasin berharap, Desa tidak melulu bergantung pada APBD, dengan potensi desa yang ada, Desa juga memiliki peluang besar untuk menghasilkan PAD sendiri untuk Desa. Wisata Desa harus punya nilai positifnya untuk Desa.

“Puluhan Desa sudah mulai menggarap untuk menjadi Desa Wisata yang baik, yang kita lihat potensinya sudah cukup bagus adalah Desa Malasari Kecamatan Nanggung, sudah ada paket wisata, ini yang kita inginkan, ada paket menginap di Desa, paket wisata alam dan lain-lain. Itu sudah dikelola sendiri oleh masyarakat dan menjadi sumber pendapatan masyarakat,” pungkasnya. (Sep)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *