by

KPP Pratama Bangun Galeri Raden Saleh

BOGORONLINE.com, Kota Bogor- Gedung Cagar Budaya KPP Pratama Kota Bogor yang telah diresmikan beberapa waktu lalu mendapatkan perhatian khusus dari Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim.

Wakil Wali Kota yang juga merupakan Lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ini langsung datang ke Gedung Cagar Budaya Kantor KPP Pratama Kota Bogor untuk melihat Galeri Raden Saleh.

Dedie yang sengaja hadir ke Galeri yang berada di Jl. Ir. H. Juanda No.64, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Rabu (9/6/2021) ini memberikan apresiasi kepada Kantor Pajak KPP Pratama Kota Bogor yang secara khusus mengalokasikan zona untuk membuat galeri karya Pelukis Maestro Raden Saleh Syarif Bustaman.

“Dengan adanya galeri ini, kami berharap generasi muda dapat mengenal Maestro Lukis Indonesia yang dikenal hingga di Eropa,” ungkap Dedie.

Sekitar 11 lukisan reproduksi karya Maestro Lukis yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah Hindia Belanda untuk mengasah bakat seni lukisnya di Belanda pada 1829 ini disajikan dan pengunjung dapat menikmatinya saat hari operasional KPP Pratama Kota Bogor.

Kantor KPP Pratama sendiri dahulunya merupakan Kantor Sekretariat Negara zaman Kolonial yang sempat menjadi kediaman Pria yang dipanggil oleh orang-orang Jerman sebagai Pangerang dari Jawa bersama Istrinya saat pulang ke Indonesia dari Eropa.

Wakil Ketua Umum Komunitas Bogor Historia Eko Hadi Lesmono yang juga turut hadir mengapresiasi hadirnya Galeri Raden Saleh. Baginya, dengan hadirnya Galeri tersebut menjadi galeri karya Raden Saleh yang pertama di Bogor.

“Kita turut bangga karena sekelas Raden Saleh pernah tinggal di Bogor. Bahkan sampai akhir hayat dan memilih disemayamkan di Bogor,” jelas Eko.

Dengan hadirnya Galeri Raden Saleh, Eko Hadi menambahkan bahwa Galeri tersebut menambah satu destinasi sejarah untuk program wisata sejarah yang saat ini sedang dikelola oleh Bogor Historia dengan Ekotifa yang bernama Baik Heritage. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *