by

Silpa Tembus 327 M, Atty Somaddikarya: Uang Rakyat Tidak Terserap Maksimal

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor 2020 mencapai Rp327 miliar terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya atau 2019 sebesar Rp270 miliar.

Tingginya Silpa tersebut mendapat sorotan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Atty Somaddikarya. Atty mengatakan, angka Silpa yang tinggi menunjukan uang rakyat tidak terserap secara maksimal. Seharusnya, anggaran bisa dialokasikan untuk menunjang perekonomian terlebih di tengah pandemi Covid-19.

“Tahun 2020 adalah tahun pandemi Covid-19 dimana tahun 2021 masih berlanjut, seharusnya anggaran tersebut bisa dikucurkan untuk berbagai program di segala aspek untuk menunjang berjalannya pembangunan guna memacu perputaran roda ekonomi di Kota Bogor,” kata Atty.

Legislator dua periode itu mengungkapkan bahwa kekecewaan dirasakan semua anggota DPRD atas minimnya penyerapan anggaran dan tingginya Silpa. Hal itu merupakan dampak dari perencanaan yang tidak terukur yang akhirnya sejumlah program mandek.

“Akhirnya apa? Berdampak kepada program yang harusnya mensejahterakan rakyat yang harusnya bisa dinikmati di masa pandemi Covid-19 hampir dua tahun terakhir,” tutur Atty.

Atty yang juga anggota Komisi I inipun berharap APBD 2021 bisa diserap dengan maksimal.

“Semua kita tahu, tahun ini adalah tahun prihatin dimana masyarakat dalam kondisi yang sulit, jika memang ada regulasi untuk menggeser anggaran 2021, saya berharap ada program bagi kepentingan masyarakat di sektor kesehatan dan kesejahteraan untuk membangun ekonomi yang dimulai dari arus bawah,” tutupnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *