by

Viral Susu Beruang Dan Air Kelapa, Benarkah Ampuh Tangkis Covid-19?

Bogoronline.com – Di tengah melonjaknya kasus covid-19 saat ini membuat masyarakat mulai mencari cara untuk melindungi diri dari wabah covid-19. Beragam isu di media sosial sedang ramai diperbincangkan soal makanan dan minuman yang bisa sembuhkan pasien covid -19 terus beredar seiring meningkatnya kasus salah satunya adalah isu yang menyebut susu beruang dan air kelapa bisa menyembuhkan atau membantu pasien covid-19 sembuh.

Salah satu akun facebook membagikan sebuah informasi yang menyebutkan bahwa susu beruang atau Bear Brand dapat menyembuhkan covid-19 informasi itu diunggah di facebook pada 6 Juli 2012 akibat dari unggahan tersebut susu beruang atau Bear Brand banyak diburu oleh konsumen dalam beberapa hari terakhir.

Namun benarkah susu beruang ataupun jenis susu lainnya dapat menyembuhkan covid-19?

Dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada dosen Departemen gizi kesehatan FKMK UGM Rahadyana Muslicah menegaskan susu beruang tidak dapat mengobati covid-19. Sebab, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan jika susu dapat mengobati virus corona baru ini.

“ Susu beruang bukan obat dan sampai sekarang pun belum ada oabt spesifik untuk mengobati covid-19. Jadi, klaim susu beruang bisa menyembuhkan covid-19 itu tidak benar,” ujarnya.

Ia juga menerangkan dalam setiap produk susu memiliki kandungan gizi yang hampir sama termasuk susu beruang. Dalam produk susu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral. Jadi mengonsumsi susu saja tidak lantas meningkatkan imunitas tubuh. Untuk menjaga dari paparan covid-19, tubuh juga membutuhkan asupan makanan bergizi.

Setelah isu susu beruang ada pula isu bahwa air kelapa hijau diyakini bisa menyembuhkan atau membantu pasien covid-19 sembuh. Banyak isu yang mengatakan para penyintas covid-19 bisa
sembuh karena rutin mengonsumsi air kelapa hijau.

Hal ini membuat air kelapa hijau diburu oleh warga. Salah satunya seperti penjual kelapa hijau di Depok bernama bapak Firdaus ia mengaku tinggi nya permintaan konsumen akan air kelapa hijau. Warga meyakini airnya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

“Sebagian orang mengatakan bisa menyembuhkan covid-19 tapi sebagian lagi tidak jadi menurut saya yang yakin saja, sebetulnya khasiatnya kelapa hijau sama kelapa biasa sama aja cuma khasiat utamanya lebih ke kelapa hijau,” ujar bapak Firdaus, penjual kelapa hijau

Terkait hal tersebut kelapa merah atau juga yang dikenal dengan nama kelapa hijau menjadi jenis kelapa yang banyak diburu masyarakat dibanding kelapa muda sebagian masyarakat menganggap kelapa hijau mempunyai manfaat lebih baik jika dibanding kelapa muda.

Meski demikian dokter spesialis gizi Rumah Sakit Brawijaya Jakarta Cindiawaty Pudjiaji mengatakan kelapa hijau dan kelapa muda ini memiliki manfaat serupa sedangkan teori air kelapa dapat menangkal virus corona sejauh ini belum terbukti dalam sebuah penelitian.

“Tidak ada perbedaan harusnya sama-sama aja cuma kadang ada orang mengonsumsi air kelapa hijau lebih manis katanya seperti itu cuma saya juga belum menemukan penelitian yang membedakan kandungan gizi daripada air kelapa hijau dan air kelapa biasa tapi kalaupun sampai berbeda paling cuma beda sedikit,”katanya.

Secara umum, kata dia, belum membaca ada penelitian yang meneliti antara hubungan air kelapa dengan mempercepat penyembuhan atau menaikkan daya tahan tubuh itu.

Menurutnya, Kelapa hijau dan kelapa muda keduanya mengandung elektrolit itu kalium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga tekanan darah mengatur metabolisme sel serta menjaga kesehatan tulang.

Kebiasaan baru rutin mengonsumsi kelapa sebenarnya adalah hal yang positif namun perlu diingat tidak ada satu jenis makanan yang lebih unggul dari makanan lain sehingga meski sudah mengonsumsi air kelapa secara rutin sebaiknya tetap menjaga variasi makanan agar semua kebutuhan bisa terpenuhi. Air kelapa dapat dikonsumsi kapan saja baik pagi siang maupun malam dengan porsi sewajarnya untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. (BUNGA)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *