by

Kerja Bakti Cikarageman Bebersih Jalan Utama Cisaat – Kojengkang

BOGORONLINE.com, CIKARANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Cikarageman Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, melaksanakan kerja bakti. Hal itu dilakukan sesuai surat edaran Camat Setu Nomor 140/762/Pem. prihal pemberitahuan kegiatan World Clean up Day (WCD) 2021.

Kepala Desa (Kades) Cikarageman Markun Hidayat mengatakan, setelah menerima surat dari camat, dirinya langsung menginventarisir personil yang akan dilibatkan dalam kegiatan itu. Sekitar 50 personil yang terdiri dari Anggota BPD, Para Ketua RT dan RW, Perangkat desa, LPM, tokoh masyarakat serta elemen masyarakat lainnya se-Cikarageman ikut bersih-bersih.

Pelaksanaan WCD di Kabupaten Bekasi, mengusung tema, Bekasi Berani Untuk Indonesia Bersih tertuang dalam himbauan Camat Setu kepada seluruh pemdes di wilayahnya. Himbauan itu merujuk kepada Surat Edaran Bupati Bekasi Nomor 100/SE/64/DLH. Dalam kegiatan, Markun Hidayat memimpin langsung kerja bakti.

“Kami sepakat, sasaran kegiatan membersihkan drainase jalan raya Cisaat – Kojengkang di Kampung Kaum RW 06 dan 08 Dusun 1 sepanjang 2 kilometer. Jalan ini cukup ramai dilintasi pengguna jalan yang akan ke Cikarang,” kata Kades Markun Hidayat didampingi Babinsa Cikarageman Peltu Darsin, Jumat (17/9) di lokasi kerja bakti, Kampung Kaum.

Kerja bakti kata Markun adalah bentuk gotong royong yang merupakan ciri khas warisan nenek moyang. Oleh karena itu, dengan surat dari Bupati melalui Camat, langsung direspon warga masyarakat desa yang dipimpinnya.

“Dengan adanya perintah ini, kegotongroyongan dalam masyarakat akan bertambah. Sehingga, terbentuk suasana damai dalam bermasyarakat,” tandas Markun.

Sementara itu, salahsatu perumahan di Cikarageman, Griya Pratama Mas (GPM) tidak tinggal diam. Perumahan dengan 13 Rt dalam 1 RW, seluruh warganya yang tidak bergiat keluar, ikut bersih-bersih lingkungan.

“Hari ini, kami melakukan kerja bakti sesuai edaran dari pemdes. Warga yang tidak masuk kerja, turun membersihkan lingkungan dengan sasaran drainase, mengangkat lumpur dan sampah,” pungkas Ketua RW 07 Sukarna. (soeft)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *