by

Pemkab Bogor Alami Defisit Ratusan Miliar

 

Cibinong – Bupati Bogor, Ade Yasin menyampaikan,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengalami definisi anggaran sebesar Rp794,19 Miliar pada perubahan APBD tahun anggaran 2021.

“Nanti dibahas penyesuaian program ataupun pergeseran programnya.  yang jelas kita harus memaklumi bersama kondisi saat ini,” kata Ade Yasin usai melakukan Rapat Paripurna bersama DPRD Kabupaten Bogor, Senin (27/9).

Politisi pada PPP ini mengaku, defisit yang dialami Pemkab Bogor salah satunya disebabkan oleh pergeseran peraturan pemerintah pusat yang dilimpahkan kepada pemerintah daerah.

“Sekarang nakes dibayar Pemerintah daerah dan BPJS Kades hingga perangkat desa juga dari kita semuanya yang bergeser ke kabupaten, automatis merubah angka maupun program prioritas. Jadi kewajiban prioritas itu yang menggeser kegiatan dinas nantinya,” jelasnya.

Langkah pemerintah daerah atasi defisi itu dengan menghapuskan program-program dinas yang dianggap tidak menjadi prioritas.

“Saya kira yang bisa ditekan seperti, ATK, makan minum, perjalanan dinas, sewa gedung dan lainnya. Saya kira itu masih bisa ditekan untuk dialihkan ke yang lebih urgen,” ujarnya.

Senada dengan Bupati, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Romli menyampaikan, langkah efesiensi anggaran pun dilakukan oleh wakil rakyat.

“Kita sama dengan pemerintah daerah, kegiatan-kegiatan kita kurangi seperti perjalanan dinas kita hilangkan, pembelajaran ATK dan lainnya yang sekiranya tidak mendesak,” kata dia.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.