by

Pemkab Bogor Wajibkan Kepala dan Staff Desa Ikut Sekolah di IPB

 

Cibinong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mewajibkan kepala beserta staff desa untuk mengikuti Sekolah Pemerintah Desa di Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Jadi ini sebagai sistem peningkatan kapasitas sumberdaya manusia di pemerintahan tingkat desa yang akan berlangsung hari ini hingga Desember nanti,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Renaldi Yushab Fiansyah, Senin (13/9).

Nantinya, kata dia, para kepala dan staf desa akan kembali melakukan pembelajaran baik teori maupun praktek di lapangan.

“Sistem pembelajarannya ada yang online dan offline. Kalau Offline seperti survei, pemetaan, dan lainnya, tapi ini ini lebih ke kapasitas praktek langsung, kemungkinan lebih besar praktek,” katanya.

Renaldi menyebut, para kepala desa akan digenjot keilmuannya tentang pengelolaan desa yang baik dan benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan regulasi pemerintah.

“Nanti, kepala desa juga dikasih rambu-rambu dan kebijakan, apa yang akan mereka lakukan. Intinya sekolah pemerintah desa itu akan menghasilkan satu data yang valid yang dibutuhkan desa untuk merumuskan perencanaan pembangunan,” paparnya.

Sementara itu, pada tahun 2021, desa yang iikut sekolah desa hanya diperuntukkan bagi 40 desa saja se-kabupaten Bogor.

“Di setiap desa ada 3 orang, pertama kepala desa soal kebijakan, kemudian perangkat desa itu sebagai penyambung level kebijakan ke praktisi, terakhir adalah operator,” pungkasnya

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *