Lantik Pengurus Wilayah, Rino Indira Ajak Polmas Bogor Raya Fokus Dua Program Kerja

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Polmas Bogor Raya siap berkontribusi dalam hal kemanusiaan dan keamanan serta ketertiban masyarakat di wilayah Kota Bogor. Selain itu Polmas Bogor Raya juga siap apabila dibutuhkan untuk mencegah tawuran antarpelajar, terlebih kondisi sudah mulai pembelajaran tatap muka (PTM).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Polmas Bogor Raya Rino Indira Gusniawan, usai melantik para pengurus wilayah Polmas Bogor Raya di restoran Shabugram, Kota Bogor, pada Senin (25/10/2021) malam.

“Hari ini pengukuhan para pengurus wilayah yang tertunda, awalnya bulan September 2020 sebelum masa Covid-19 Kota Bogor. Kami akan fokus dua kegiatan yaitu Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta kemanusiaan, jadi mulai hari ini saya mengajak pengurus wilayah dalam program Polmas Bogor Raya ini,” ungkap Rino kepada wartawan.

Pertama, pihaknya berkontribusi Kamtibmas memberikan informasi kondisi terkini di wilayah, karena anggota Polmas Bogor Raya banyak yang menjadi petugas keamanan di wilayah masing-masing.

“Kedua kami aktif di SAR, kemarin terjun di sungai Cileungsi. Kami juga akan melakukan beberapa pelatihan rescue di sungai. Kemudian ada kegiatan beberapa yang bersifat kemanusiaan,” tambahnya.

Rino menjelaskan, bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polresta Bogor Kota apakah bisa berkontribusi menjaga pelajar dari aksi tawuran.

Saat ini, Polmas Bogor Raya mempunyai 700 anggota yang tersebar di enam wilayah Kota Bogor dan terbanyak ada di wilayah Bogor Barat, Bogor Timur dan Bogor Selatan.

“Dengan jumlah personil itu, kami Insyaallah bisa berkontribusi dalam hal tawuran pelajar ini. Biasanya kami berkomunikasi dengan Handi Talki (HT) dan diberikan frekuensi oleh Pemkot Bogor dan kepolisian. Didalamnya ada Babinsa dan Babinkamtibmas, pihak kelurahan juga kecamatan,” bebernya.

Ia menyebutkan, bahwa selama ini kegiatan paling banyak dan menonjol dilakukan bidang kemanusiaan, sehingga masih kurang berkenaan dengan Kamtibmas.

“Kedepannya kami akan meminta dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor bagaimana soal Kamtibmas ini dan bagaimana keterlibatan Polmas,” jelas Rino.

Rino juga mengatakan, setelah pelantikan pengurus wilayah, pihaknya membuat program kerja. Untuk pengurus wilayah yang habis masa pengabdiannya, diperpanjang tiga bulan untuk memilih pengurus baru.

“Kami sinergikan antara pengurus pusat dan wilayah. Saat ini kami juga mendapat kehormatan untuk mengikuti pelatihan SAR di pemerintah pusat, anggota kami dilatih rescue di lapangan, kami satu-satunya dari Kota Bogor,” tutupnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *