Bima Ajak HIPMI Kembangkan Peluang Usaha Selain Jasa dan Pariwisata

BOGORONLINE.com, Bogor Tengah – Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Bogor untuk mengembangkan peluang usaha selain sektor jasa dan pariwisata. Demikian disampaikan Bima Arya dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-V HIPMI Kota Bogor di Hotel Onih jalan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah pada Sabtu (20/11/2021).

Bima Arya mengajak, semua untuk berpikir ketika Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota. Dampaknya tingkat okupansi hotel akan menurun di Kota Bogor. Sebab, acara workshop maupun bimbingan teknis (bimtek) biasanya dari kementerian di Jakarta.

“Yang sudah pasti akan berkurang, biasanya dari kementerian-kementerian mungkin tidak akan sebanyak lagi ke sini. Tetapi mungkin disisi lain Jakarta akan menjadi episentrum baru bisnis regional, karena akan leluasa mengembangkannya. Di situlah Bogor harus mengambil peluang itu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa selama ini Pemkot Bogor mengandalkan PAD dari jasa dan pariwisata. Pendapatan Kota Bogor terbesar dari BPHTB dan pajak pariwisata. Oleh kerena itu semua harus berpikir bagaimana mengembangkan peluang usaha selain jasa dan pariwisata.

“Belum lama ini Kemenparekraf buat acara dubber dan script writer di sini, itu luar biasa peminatnya. Saya juga ketemu beberapa sutradara top melirik Bogor sebagai tempat produksi asal ada kemudahan. Jadi harus ke sana kita, ketika kita terdampak pariwisatanya ekonominya masih bisa bertumpu,” paparnya.

Bima Arya meyakini HIPMI Kota Bogor sudah bisa mengintip peluang-peluang itu, baik di industri kreatif, perfilman, start up dan sebagainya bukan hanya kuliner.

Ia juga berharap di acara Muscab V HIPMI Kota Bogor bisa melanjutkan pengkaderan dan meningkatkan karakter, bukan hanya menjadi pengusaha handal yang berintegritas, tetapi menjadi pemimpin-pemimpin besar pada saatnya nanti untuk menentukan kota ini dan bangsa ini.

Ditempat yang sama, Mantan Ketua Umum HIPMI Kota Bogor, Zulfikar Priyatna mengawali dengan menyampaikan pelaksanaan Muscab Ke-V HIPMI Kota Bogor telah berjalan lancar serta laporan pertanggungjawaban diterima dengan baik.

Dirinya berharap kepemimpinan HIPMI Kota Bogor periode mendatang bisa membawa roda organisasi lebih baik lagi. Bahkan Zulfikar juga akan mendengar dan patuh kepada ketua umum HIPMI Kota Bogor untuk bisa menjalankan peran kepadanya agar bisa menjadikan HIPMI Kota Bogor lebih baik lagi.

“Proses sidang pleno aklamasi, Alhamdulillah berjalan lancar. Apapun hasilnya ini merupakan yang terbaik, pesan saya setelah terpilih maka pengurus HIPMI Kota Bogor langsung bergerak agar roda organisasi berjalan terus, jangan sampai kosong,” jelasnya.

Dalam Muscab ke-V HIPMI Kota Bogor menghasilkan Marwan Suherwan sebagai Ketua Umum HIPMI Kota Bogor periode 2021-2024. Marwan Suherwan menyampaikan bahwa dirinya tentunya sangat perlu mengetahui peran HIPMI Kota Bogor di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, ia juga menyatakan akan melanjutkan program HIPMI Kota Bogor sebelumnya, di antaranya HIPMI UMKM Connection, lantaran telah ada ratusan anggotanya. Para UMKM ini diberikan akses modal difasilitasi HIPMI Kota Bogor.

“Kami juga akan gali satu potensi di kecamatan dan mengadakan bazaar dengan peserta pedagang sekitar wilayah kecamatan tersebut,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, program HIPMI Academy dengan calon pengusaha dibina dan dibantu. Dalam wisuda beberapa waktu lalu sudah diberikan investasi modal usaha, sehingga kami bisa mengurangi angka pengangguran. “Program ini sudah menghasilkan ratusan alumni.”

Marwan melanjutkan, HIPMI Kota Bogor juga siap untuk bersinergi dengan Pemkot Bogor, tentunya HIPMI Kota Bogor menyatakan siap berkontribusi aktif dalam rangka pemulihan dan pengembangan ekonomi Kota Bogor.

“Ada kata motivasi yang saya buat, ‘Jadikan kekurangan masalalumu menjadi motivasi dan kekuatan untuk kemajuan dimasa depan’. Saya lahir dari keluarga sederhana, jadi ketika saya jadi pengusaha saya berjanji akan berbuat untuk kepentingan orang banyak,” pungkasnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *