by

Iwapi Kabupaten Bogor serukan Peningkatan Eksistensi UMKM Lokal

 

Bogor-Ketua Ikatan Wanita Pengusaha(Iwapi ) Kabupaten Bogor Ine Roswianita mengajak pelaku UMKM khususnya pengusaha wanita untuk bersama-sama menggerakkan kembali perekonomian di daerah khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Berbicara saat mengikuti Table Top Business Tourism Yang di selenggarakan Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Bogor di Malang, Ine mengatakan pengusaha perempuan memiliki peran penting yang signifikan dalam pemulihan ekonomi termasuk pariwisata

“ UMKM dan Pariwisata itu adalah kekuatan baru ekonomi di masa depan , kamipun selalu bersinergi dengan Badan Promosi Pariwisata daerah kabupaten bogor , kesempatan ini kami gunakan dengan sebaik baiknya untuk ikut memasarkan sekaligus mempromosikan produk umkm binaan iwapi termasuk “Ujar Ine kepada wartawan, Minggu, (14/11/2021)

Ditambahkan Ine , Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten selalu memberikan ruang bagi pemasaran produk-produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisnis mereka makin berkembang dan dikenal wisatawan dalam negeri maupun manca negara.

“Jadi memang apabila produk yang dihasilkan pelaku UMKM sudah sesuai standar yang ditentukan perhotelan maupun pengelola objek wisata, tentu akan sangat mudah untuk dipasarakan dan dikembangkan Bersama, tapi semua tergantung kemauan dan tekad kuat dari diri kita masing-masing sebagai pengusaha perempuan untuk maju, berdaya dan menjadi pengusaha yang mengikuti tuntutan zaman, tegas Ine.

Sebelumnya, Setelah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. BPPD, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor kembali melaksanakan table top tourism busines ke Kota Malang, Jawa Timur.

 

Selain dengan pemerintah daerah setempat,  pelaku usaha jasa wisata Kabupaten Bogor dan Kota Malang pun ikut dalam giat diatas, demi untuk memperkuat jejaring.

Giat atau pelaksanaan table top tourism busines ini dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi, pasca terdampak bencana penyebaran wabah atau pandemi Covid-19.

Ada sebanyak 60   buyer dan 20 sellers dari  Kota Malang dan  Kabupaten  Bogor  yang  temu tourism busines, yang di gelar di Hotel Sahid Montana  Dua, Kota  Malang.

Sekretaris   BPPD Kabupaten Bogor Lucky Hikmat Maulana mengungkapkan   table top tourism busines dilaksanakan dengan tujuan untuk menggerakkan roda perekonomian di sektor pariwisata, serta mempercepat pemulihan dari dampak yang disebabkan oleh pandemi Cobid-19.

“Kami  berharap pasca  gelaran tabel top tourim budines ,antusiasme buyer  untuk  kembali datang berwisata di Kabupaten Bogor  kembali  pulih. Pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 sangat berpengaruh dalam meraih tujuan tersebut,” ungkap Lucky.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  daerah kabupaten  Bogor  Deny  Humaedi  yang hadir   dalam kegiatan ini  mengatakan sesuai arahan pemerintah yang difokuskan dalam sasaran pemasaran adalah wisatawan lokal dan domestik.

“Di saat pandemi Covid-19 ini, wisatawan lokal adalah sasarn utama pemasatan kami dan agar aman dari penyebaran wabah Covid-19, maka penerapan Prokes Covid-19 yang baik harus bersertifikasi hingga bisa menjadi jaminan kesehatan wisatawan atau pelaku usaha wisatanya,” kata Deny.

Sekretaris  Dinas  Pemuda , Olahraga dan Pariwisata  Kota malang  Erna wianatsi memberikan  apresiasi  untuk  kegiatan ini dan berharap  kedepan dapat  menjalin kerjasama dalam bidang pemasaran wisata dengan tetap memperhatikan Prokes Covid-19.

“Menjual  paket  wisata dan  mempromosikan wisata  lewat media sosial  saat ini  terus dilakukan  , tetapi  hubungan langsung antara  perusahan  perjalanan wisata akan lebih baik jika dilaksanakan. Kami sangat  memberikan apresiasi atas kegiatan yang di laukan oleh  BPPD Kabupaten  Bogor ini” ucap  Erna.  (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *