by

Lestarikan Adat Leluhur, Kampung Urug Buat Rumah Panggung untuk Relokasi

 

Sukajaya – Relokasi rumah warga di Desa Urug, Kecamatan Sukajaya kabupaten Bogor tidak meninggalkan adat istiadat leluhurnya dengan membutakan rumah adat untuk relokasi warga.

Kepala Desa Urug, Sukarma mengatakan, rumah relokasi warga urug pasca bencana awal tahun 2020 lalu dibuatkan menjadi rumah panggung.

“Ini kan kampung budaya, jadi saya dari awal berpesan untuk dibuatkan rumah panggung semuanya, tapi ada satu dan lain hal, sehingga dari total 338 rumah, hanya 24 rumah yang dibuatkan rumah panggung,” kata dia, Jumat (5/11)

Ia mengatakan, kampung urug sudah sejak lama melestarikan adat istiadat dan nilai-nilai leluhurnya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam membuat rumah.

“Rumah adat seperti ini sudah ada di leluhur kita. Selain rumah, adat istiadat lainnya kita pertahankan, seperti sedekah sèrèn taun, Muharraman, dan cara bertani menurut budaya leluhur,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika mengatakan, relokasi rumah panggung seperti di kampung urug, bisa dijadikan percontohan di tingkat nasional.

“Pemkab Bogor mengusulkan agar relokasi Kampung Urug, bisa jadi percontohan di tingkat nasional. Karena pemerintah tidak hanya membangun Huntap tetapi juga kehidupannya,” kata Ajat, panggilan akrabnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *