by

Pemkab Bogor Targetkan 150 Petani Milenial di tahun 2021

 

Cibinong – Pemerintah kabupaten (pemkab) Bogor menargetkan sebanyak 150 petani milenial di tahun 2021 untuk mensupport program pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa barat.

“Ini juga merupakan salah satu poin dari Pancakarsa. Dari target itu, ada yang sudah kita dorong untuk mengekspor hasil taninya,” kata Kepala Dinas tanaman pangan holtikultura dan perkebunan (Distanhorbun) kabupaten Bogor, Siti Nurianty, Kamis (18/11).

Ia menyebut, komoditas ekspor yang sering dikirim dari kabupaten Bogor ke luar negeri adalah ubi jalar, Kopi, dan Talas Beneng. “Kita bahkan menanam talas beneng ini seluas 20 hektar,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyampaikan, program petani millenial merupakan kepedulian pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian pada masa pandemi covid-19.

“Karena perlu diketahui bahwa di masa pandemi ini di saat seluruh kegiatan usaha minus, hanya sektor pertanian yang positif mencapai 16%,” katanya.

Iwan mengaku, peluang memperlebar sayap dalam sektor pertanian di kabupaten Bogor ini sangat menjanjikan dengan wilayah kabupaten Bogor yang luas.

“Ini tinggal bagaimana mengelola dengan maksimal salah satunya dengan menyediakan lahan dan SDM petani yang berjiwa petani,” katanya.

Ia juga meminta Distanhorbun dan perangkat daerah lainnya untuk segera memverifikasi lahan pertanian yang potensial di kabupaten Bogor.

“Segera petakan agar penyediaan lahan pertanian sesuai dengan kebutuhan di lahan yang potensial. Di Kabupaten Bogor ini lahan Perhutani cukup banyak bisa kita manfaatkan, kalau pilih Perhutani kita bikin MoU, kerjasamanya dengan Perhutani berkaitan penggunaan lahan pertanian,” kata Iwan.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *