Terkait Energi Listrik, Dewan Jabar H. Supono Ajak Pemprov Ikut Perkembangan Zaman

Bandung, Bogoronline.com – Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerja sama Pemda Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia.

Pameran yang bertemakan 1st Indonesia E-Vehicle (IEV) Expo 2021 dibuka di Unionsquare Cihampelas Walk, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Selasa (2/11/2021).
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengapresiasi pameran kendaraan listrik pertama ini yang di dalamnya ada keterlibatan Dinas Perhubungan Jabar.

Setiawan memaparkan, dalam mendukung bauran energi nasional Jabar punya target berkontribusi sebesar 10 persen, dan akan ditingkatkan menjadi 20 persen pada 2030. Pada 2050 akan ditingkatkan lagi menjadi 28-30 persen.

Tantangan selanjutnya adalah ketersediaan baterai listrik dan pos pengisian baterai listrik, yang dijawab dengan groundbreaking pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang oleh Presiden Joko Widodo September 2021.

“Saat ini Pak Gubernur, Pak Wakil Gubernur dan para pengawal pribadinya (walpri) sudah menggunakan mobil listrik, dan terbukti kalau kita hitung antara bahan bakar dan penggunaan pengeluaran biaya lainnya itu lebih efisien,” sebut Setiawan.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Jawa Barat H. Supono mengingatkan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa barat untuk teknologi mobil listrik dan elektrifikasi kedepannya tidak akan terhindarkan untuk efisiensi energi.

“Mungkin awalnya diversifikasi tapi nantinya jadi pengalihan dari bahan bakar fosil ke bahan bakar listrik,” tukas H. Supono.

Jika dilihat dari jumlah penduduk dan jumlah pengguna kendaraan maka politisi PAN ini menilai bahwa Jawa barat pun masuk pasar yang potensial.

“Menurut saya persoalannya adalah Pemprov Jabar harus mengikuti proses tekhnologi secara rasional dan proporsional, nanti kedepannya hukum pasar yang akan memiliki pengaruh,” pungkas H. Supono.

Dirinya pun mendorong dinas-dinas di Jawa barat untuk menjadi pionir dan rujukan dalam langkah-langkah percepatan dan menarik investor yang fokus di energi listrik untuk masuk ke Jawa Barat.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *