by

Mayor Inf Kunto Wibisono Resmi Pimpin Yonif 315/Grd

BOGORONLINE.com – Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 315/Garuda Letkol Inf Suryanto resmi digantikan Mayor Inf Kunto Wibisono setelah dilakukan upacara serah terima jabatan di Lapangan Yonif 315/Grd, Gunung Batu, Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (3/8/2022). Upacara sertijab dipimpin oleh Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Rudi Saladin.

Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudi Saladin mengatakan, berkenaan dengan sertijab ini, dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letkol Inf Suryanto atas dedikasi dan loyalitas dalam memimpin Yonif 315/Grd. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada ibu Suryanto yang telah membina Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLIV (44) Rem 061 sehingga kegiatan Persit dapat berjalan dengan baik guna mendukung kegiatan Batalyon.

“Kepada pejabat baru, Mayor Inf Kunto Wibisono beserta istri, saya mengucapkan selamat mengemban tugas dan amanah jabatan baru sebagai Danyonif 315/Grd. Saya berharap di bawah pimpinan saudara, Yonif 315/Grd semakin maju dan berhasil dalam setiap pelaksanaan tugas, sehingga menjadi Batalyon Infanteri kebanggaan Kota Bogor,” kata Brigjen TNI Rudi.

Ia memaparkan, pergantian pejabat dalam organisasi TNI merupakan salah satu bagian dari upaya pembinaan satuan, khususnya pembinaan terhadap aspek personel dalam suatu organisasi, dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kinerja, motivasi, serta kreatifitas bagi kemajuan satuan dan personel itu sendiri.

“Terkait dengan itu pula, kepada Danyonif 315/Grd yang baru, saya berharap agar dapat berpikir kreatif dan mampu menjadi driver organisasi dalam rangka menemukan berbagai terobosan dalam menciptakan sinergi, komitmen dan kepemimpinan, yang mampu memberikan kontribusi optimal bagi pencapaian tugas Yonif 315/Grd, pada khususnya, dan TNI AD pada umumnya,” tuturnya.

Kepada Danyonif 315/Grd juga, Danrem mengingatkan bahwa pelaksanaan peran, tugas dan fungsi TNI sebagai komponen utama alat pertahanan negara, sangat ditentukan oleh pribadi prajurit. Oleh sebab itu, prajurit harus memiliki kualitas yang dapat diandalkan, yaitu tentara yang memiliki jati diri sebagai tentara pejuang, tentara yang memiliki semangat dan tekad yang kuat, tentara yang tidak kenal menyerah dalam melaksanakan tugas, serta sebagai tentara nasional, yaitu tentara yang bertugas demi kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Untuk mewujudkan hal tersebut diatas, maka Danyonif 315/Grd perlu melakukan pembinaan latihan, pembinaan personel dan pembinaan mental secara terus menerus dan meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), sehingga prajuritnya menjadi ulet dan tangguh di tengah kompleksitas permasalahan yang di hadapi bangsa dan negara saat ini. Tak lama lagi batalyon ini akan menjadi batalyon mekanis, sehingga harus mempunyai kemampuan mumpuni untuk menggunakan alutsista yang nanti ada,” tuturnya.

Sementara itu, Letkol Inf Suryanto mengatakan, jabatan Danyonif 315/Grd ini merupakan suatu kebanggan dan kehormatan baginya serta keluarga. Selama pelaksanan tugas atas doa dan dukungan dari pimpinan Angkatan Darat khususnya jajaran korem 061/Sk kemudian seluruh masyarakat, tokoh masyarakat dan tokoh agama, pelaksanaan tugas bisa berjalan dengan lancar.

“Saya menjabat Danyonif 315/Grd selama 1 tahun 2 bulan, waktu saya habiskan 1 tahun 1 bulan di Papua. Jadi di homebase ini saya hanya satu bulan. Pesan untuk danyonif yang baru, saya berharap bisa membawa batalyon ini maju, sukses dan tetap harus solid. Karena tugas kedepan cukup banyak,” terangnya.

“Karena Yonif 315/Grd posisinya di Kota Bogor tentu aktifitas kegiatan cukup banyak, kemudian selain melaksanakan tugas pokok kami juga memberikan suport kepada Pemkot Bogor dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat maupun kegiatan pengamanan terkait kegiatan PAM VVIP dan kegiatan lainnya,” tambah Letkol Inf Suryanto.

Ditempat yang sama, Mayor Inf Kunto Wibisono menyampaikan secara pribadi beserta keluarga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pimpinan Angkatan Darat yang telah memberikan amanah kepercayaan untuk menjabat Danyonif 315/Grd. Ia berharap bisa melaksanakan amanah sebagai Danyonif 315/Grd sebaik mungkin dan langkah pertama dilaksanakan adalah konsolidasi kemudian mempelajari situasi kondisi satuan dan wilayah Kota Bogor.

“Saya juga akan melakukan silaturahmin ke unsur-unsur terkait di Kota Bogor sehingga keberadaan saya pribadi dan keluarga dan keberadaan satuan Yonif 315/Grd ini tetap selalu baik sinergi dengan Forkopimda dan sinergi dengan seluruh komponen masyarakat,” papar mantan Danden Grup B Paspampres itu.

Mayor Inf Kunto juga mengatakan persiapan peningkatan status menjadi Yonif Mekanis 315/Grd, bahwa beberapa prajurit saat ini melakukan pelatihan secara teknis kendaraan tempur (Ranpur). Yonif Mekanis 315/Grd nantinya akan menerima Ranpur jenis Anoa atau Komodo sekitar 13 unit untuk pemenuhan satu kompi pada tahap pertama.

“Kami berterimakasih kepada pimpinan Angkatan Darat, otomatis kami upgrade, dari satuan batalyon biasa menjadi satuan batalyon mekanis, tentunya kemampuan harus lebih satu tingkat di atas batalyon biasa. Dan ini kami sedang proses untuk upgrade kemampuan prajurit, sarana prasarana termasuk Alutista,” pungkasnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.