by

Samisade Dipastikan Cair Bulan ini, 11 Desa Berpotensi Tak Dapat Jatah

 

 

 

Cibinong – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menegaskan bahwa program bantuan keuangan infrastruktur desa alias Samisade dipastikan cair pada bulan Agustus 2022.

 

 

“Cair di bulan Agustus ini, untuk tanggalnya kita cari momentum,” kata Renaldi kepada wartawan, Rabu (3/8).

 

 

Pencairan bantuan keuangan infrastruktur desa ini akan dicairkan kepada desa yang sudah lolos verifikasi laporan keuangan program bantuan keuangan infrastruktur desa pada tahun 2021 lalu.

 

 

“Yang ngusulin 413 desa, nanti lihat permohonannya, kalau sudah masuk memenuhi persyaratan verifikasi insyaallah cair,” katanya.

 

 

Dari usulan bantuan Samisade pada tahun anggaran 2022 ini, ada sejumlah desa yang belum memberikan laporan Pertanggungjawaban Samsung pada tahun 2021 lalu. Renaldi mengaku, desa-desa itu dipastikan tidak akan mendapatkan bantuan keuangan infrastruktur desa di tahun kedua ini.

 

 

“Kita lihat hari LPJ, ada 11 yang belum melaporkan LPJ ke kita lewat verivikasi kecamatan,” paparnya.

 

 

Seperti diketahui, alotnya pencairan bantuan keuangan infrastruktur desa itu lantaran ditemukan sejumlah permasalahan pada program yang dilakukan di tahun 2021 lalu. Sehingga, DPRD Kabupaten Bogor meminta eksekutif untuk segera merevisi Peraturan bupati (Perbup) tentang bantuan keuangan infrastruktur desa itu agar tidak ditemukan permasalahan yang sama di tahun kedua pencairan.

 

 

Renaldi mengaku, revisi Perbup itu telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bogor untuk melancarkan jalannya program Samisade di tahun 2022 yang dianggarkan ratusan miliar pada APBD 2022.

 

 

“Kita nunggu informasi Kemendagri, insyaallah agustus ini selesai,” katanya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.