by

Yonif 315/Grd Akan jadi Yonif Mekanis

BOGORONLINE.com – Batalyon Infanteri 315/Garuda atau Yonif 315/Grd akan meningkat status menjadi Yonif Mekanis 315/Grd. Peningkatan status ini akan menjadikan satuan infanteri yang berkedudukan di Kota Bogor ini dilengkapi dengan kendaraan tempur (Ranpur).

Danyonif 315/Grd Mayor Inf Kunto Wibisono mengatakan, untuk persiapan peningkatan status, sejumlah prajurit Yonif 315/Grd saat ini tengah meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan secara teknis Ranpur.

“Saat ini beberapa personel melakukan pelatihan, karena kendaraan ini Ranpur butuh spesifikasi, spesialisasi yang khusus, jadi beberapa personel sudah diberangkatkan untuk pelatihan tentang teknis mengawaki Ranpur,” kata Mayor Inf Kunto sesuai serah terima jabatan dari Danyonif 315/Grd Letkol Inf Suryanto, Rabu (3/8/2022).

Ia menambahkan, Ranpur yang akan diterima Yonif Mekanis 315/Grd nanti jenis Anoa atau Komodo. Informasi yang diterimanya dari satuan komando atas, pada tahap pertama akan diserahkan sekitar 13 unit untuk pemenuhan satu kompi.

“Kami berterimakasih kepada pimpinan Angkatan Darat, dengan peningkatan status ini otomatis kami upgrade, dari satuan batalyon biasa menjadi satuan batalyon mekanis, tentunya kemampuan harus lebih satu tingkat di atas batalyon biasa,” katanya.

Selain saat ini tengah berproses peningkatan kemampuan prajurit, sarana prasarana termasuk Alutsista, terang Mayor Inf Kunto, untuk perubahan status Yonif 315/Grd menjadi Yonif Mekanis 315/Grd menunggu SKEP KASAD.

“Untuk Ranpur kemungkinan akhir tahun, dan untuk validasi orgas-nya kami menunggu surat keputusan dari bapak KASAD,” kata Mayor Inf Kunto yang sebelumnya menjabat Danden Grup B Paspampres itu. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.