Baru 119 Desa yang Ajukan Pencairan Samisade, Masih Sisa Rp327 Miliar, Bakal SiLPA?

SAMISADE434 views

 

Cibinong – Program bantuan keuangan infrastruktur desa alias Samisade masih belum juga dicairkan oleh pemerintah kabupaten Bogor.

Pasalnya, baru 119 dari 413 desa di Kabupaten Bogor yang sudah mengajukan pencairan untuk Samisade pada APBD tahun 2022 ini.

“Per 4 Oktober, data yang masuk dari DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) sebesar Rp67,9 Milyar untuk 119 Desa di 198 Titik ke BPKAD,” kata Kepala Bagian Anggaran pada Badan Pengelola Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan , Rabu (5/10/2022).

 

Artinya, masih sisa sekitar Rp327 miliar dari anggaran Rp395 miliar yang disiapkan pemerintah kabupaten Bogor untuk program Samisade yang harus dihabiskan pada tahun anggaran 2022.

 

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Reinaldi Yushab Fiansyah mengaku, lambannya pencairan Samisade itu disebabkan oleh para Kepala Desa yang tak cepat dalam mengajukan permohonan pencairan.

“Kita berhadap teman-teman desa segera mengusulkan, anggaran dan regulasi siap, mengingat waktu sudah masuk dalam akhir tahun anggaran. Sekarang baru ada 30 persen desa yang baru mengajukan,” kata Reinaldi.

Karena, kata dia, anggaran yang disiapkan itu tidak bisa lagi dikembalikan kepada APBD perubahan. Sebab, pembahasan APBD perubahan tahun 2022 sudah diketuk akhir September 2022 lalu.

“Kita minta percepatan di teman-teman kecamatan dan desa,” tegasnya.

 

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *