Giat Ramp Check Keselamatan LLAJ, Dishub Kabupaten Bogor Temukan Satu Unit Bus Bermasalah

Cibinong, BogorOnline.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor mencatat terdapat belasan bus pariwisata pengangkut wisatawan terjaring razia operasi Ramp Check Keselamatan LLAJ yang dilaksanakan pada, Jum’at 2 Juni 2023 kemarin.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi (Kabid Dal’Ops) Dishub Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih mengatakan, dalam giat yang dilaksanakan jajarannya ini berhasil melakukan pengecekan bus pariwisata yang hendak menuju kawasan Puncak Bogor, pada cuti bersama tahun 2023.

“Ada 14 kendaraan yang berhasil kita lakukan ramp check keselamatan LLAJ pada saat pelaksanaan Jum’at kemarin yang digelar di rest area tol Jagorawi KM 45 Kabupaten Bogor,” ujar Dadang Kosasih kepada wartawan, Sabtu (3/6/23).

Pria yang kerap disapa Kabid Hengki ini menjelaskan, dari 14 kendaraan yang berhasil dilakukan pengujian laik kendaraan angkutan umum tersebut, terdapat satu (1) unit bus yang dianggap bermasalah.

“Dari 14 kendaraan, ada satu yang bermasalah dengan kondisi ban yang gundul,” akunya.

Menurut Hengki, tindakan yang diambil sebagai langkah untuk memastikan keadaan laik fungsi terhadap kendaraan pengangkut wisatawan itu, pihaknya meminta kepada sang sopir tersebut untuk mengganti bannya itu yang kondisinya lebih laik.

“Tindakannya, kita minta si sopir mengganti ban yang gundul itu untuk diganti dengan ban serep yang kami anggap kondisinya lebih laik untuk digunakan,” ungkap dia.

Lebih jauh ia mengutarakan, dari rencana awal giat ramp check yang dilakukan selama dua hari, pada dua dan tiga Juni 2023. Hengki mengaku, hanya dilaksanakan satu hari pada Jum’at lalu.

“Dikarenakan hari Sabtu 3 Juni 2023 ini, agenda kita itu berbenturan dengan perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 tahun tingkat kabupaten Bogor, yang puncak acaranya dengan menggelar upacara dilapangan Tegar Beriman, dilanjutkan rapat paripurna di Gedung DPRD,” tuturnya.

“Jadi hari ini, kita fokus di Pemda sejak Sabtu pagi untuk persiapan HJB. Sementara, untuk personel giat pada HJB ke-541 di lapangan Tegar Beriman dimulai dari gerbang Tegar Beriman sampai pintu masuk Masjid Baitul Faidzin, depan dinas perpustakaan, pintu masuk VVIP, hingga pengamanan lalin di depan pintu masuk DPRD,” tutupnya menambahkan.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *