Pengamat Sosial Bogor Januar Aquarta, Kritik Kehadiran Bacapres Ganjar di Bogor

Politik, BogorOnline.com – Datangnya seorang Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI, Ganjar Pranowo ke kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Sabtu 22 Juli 2023 kemarin itu, tuai kritikan dari kalangan pengamat sosial di kota hujan tersebut.

Hal itu seperti disampaikan, Januar Aquarta selaku pengamat sosial Bogor kepada awak media.

Januar mengatakan, diketahui bahwa Bogor adalah merupakan basis pendukung dari seorang sosok figur bacapres Prabowo Subianto, bahkan pendukung seorang Anies Rasyid Baswedan, yang cukup signifikan di Kota hujan ini.

Namun sayang, kehadiran bacapres Ganjar Pranowo jagoan partai politik (Parpol) berlambang banteng moncong putih itu tidak melihat sisi kelemahan dalam dirinya.

Menurutnya, sudah seharusnya seorang Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk mendatangi tokoh-tokoh agama kharismatik di Bogor, karena tokoh agama di wilayah Bumi Tegar Beriman khususnya cukup memiliki peran penting dalam memberikan arah kepada masyarakat dalam menentukan pilihannya pada pemilu 2024 mendatang.

“Jika di ranking tokoh agama, memiliki pengaruh yang paling pertama terhadap masyarakat dalam menentukan pilihannya di Bogor, tapi sayang dalam momen kunjungan kali ini Bacapres jagoan PDI Perjuangan ini tidak memanfaatkan itu, dan kita tahu dukungan dari kelompok agama terhadap Ganjar di Bogor sangat lah lemah,” ujar Januar Aquarta kepada wartawan media ini, Minggu (23/7/23).

Tetapi juga, lanjut dia, dalam kedatangan Ganjar di Bumi Tegar Beriman lebih kepada mengunjungi mantan Bupati Bogor yang sempat tersandung kasus, dan membuat acara bersama dengan mengundang para kepala desa.

“Yang secara aturan, saya kira itu merupakan pelanggaran bagi kepala desa yang hadir, karena surat undangan yang beredar adalah undangan silaturahmi dengan calon presiden. Itu sudah bentuk kampanye, sementara kepala desa diwajibkan harus netral,” tegas pria yang berpredikat magister ilmu politik di Universitas Muhammadiyah Jakarta tersebut.

Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo melakukan pertemuan dengan pelaku industri kreatif di kawasan Cibinong, pada Sabtu (22/7/23).

Turut serta dalam pertemuan tersebut, diantaranya Gibran Rakabuming Raka (Walikota Solo), Bima Arya (Walikota Bogor), Young Lex (Content Creator), Aldo Sianturi (Pegiat Musik Digital), Once Mekel (Musisi) dan banyak pelaku kreatif serta seniman lainnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *