Tak Hanya PAN, Politisi PDI Perjuangan Ini Minta Kepala DLH Kabupaten Bogor Turun Kelokasi Kali Cikalang yang Tercemar

Cibinong, BogorOnline.com – Tak hanya anggota komisi III Kabupaten Bogor fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), yang merespone keluhan warganya terkait dugaan pencemaran aliran kali Cikalang sebagai anak dari aliran sungai Cisadane Bogor.

Kali ini, politisi PDI Perjuangan Kabupaten Bogor sekaligus anggota dewan di Bumi Tegar Beriman, Slamet Mulyadi pun angkat bicara mengenai pencemaran lingkungan yang terindikasi dilakukan PT. Darma Mulia Makmur (DMM), yang menyebabkan masyarakat disekitar perusahaan produsen ikan kemasan sarden itu, mengalami penyakit budug di badannya.

Slamet Mulyadi mengatakan, meminta pihak perusahaan PT. Darma Mulia Makmur untuk mengklarifikasi sangkaan dari warga soal pencemaran limbah perusahaan ke aliran kali Cikalang.

Dimana, dengan ada nya kejadian yang meresahkan warga di Desa Pasir Muncang, bahwa warga pengguna air Cisadane mengalami penyakit budug, dugaan penyebab nya dari limbah perusahaan PT. DMM sebagai produsen ikan kemasan Sarden.

“Saya meminta pada RT/RW setempat dan pak kades Pasir Muncang, serta pak Camat untuk mencari kebenaran informasi tersebut,” tegas Slamet kepada wartawan media ini, Sabtu (26/8/23) petang.

Ia juga meminta, kepada kantor Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) dan Dinas terkait, untuk segera turun memeriksa dan mencari penyebab warga pengguna air Cisadane terjangkit penyakit budug.

“Apakah perusahaan PT. DMM sudah memiliki semua persyaratan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang tersebut,” tanya politisi PDI Perjuangan ini.

Menurutnya, kalau perusahaan PT. DMM belum memenuhi persyaratan sebagaimana seharus nya, sebaiknya instansi terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dapat menutup perseoran terbatas itu sampai terpenuhi persyaratan maupun peraturan teknis pembuangan limbah nya itu.

“Saya berharap, Kadis dan jajaran nya segera mau turun ke lokasi perusahaan tersebut,” pinta Slamet sembari mengakhiri.

Sebelumnya, Guna merespone keluhan warga di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Caringin, terkait dugaan pencemaran aliran anak sungai Cisadane Bogor oleh PT. Darma Mulia Makmur, anggota komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Permadi Dalung berjanji bakal menindaklanjuti permasalahan masyarakatnya itu.

“Nanti kita bicarakan di komisi,” ujar Permadi Dalung kepada wartawan media ini, Sabtu (26/8/23).

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, bahwa dampak pencemaran yang disinyalir dilakukan oleh perusahaan produsen ikan sarden kemasan itu, mesti adanya inspeksi mendadak kelokasi pencemaran.

“Harus disidak kesana ya,” tegasnya.

Disisi lain, saat wartawan media ini hendak mengkonfirmasi kepada salah seorang dari manajemen PT. Darma Mulia Makmur yang diketahui bernama Hendra enggan menjawab konfirmasi yang dilayangkan atau terkesan bungkam, hingga berita ini ditayangkan.

 

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *