Dalam Operasi Zebra 2023 di Kabupaten Bogor, 1.300 Personel Gabungan Diterjunkan

Cibinong, BogorOnline.com – Dalam mengoptimalkan operasi Zebra selama dua pekan kedepan, aparat gabungan yang terdiri sebanyak 1.300 personel dari TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Bogor, bakal diterjunkan mulai 4-17 September 2023.

“Untuk anggota Lantas 180 orang yang terlibat, 1.300 orang itu seluruh jajaran,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara usai memimpin apel gelar pasukan di halaman Mako Polres Bogor, Senin (4/9/23).

Ia menjelaskan, dalam operasi Zebra yang digelar serentak di seluruh wilayah hukum Polda Jawa Barat tahun 2023 ini. Polda Jawa Barat sendiri, mengerahkan sebanyak 2.004 personel untuk mengawal berlangsungnya Operasi Zebra 2023 selama dua pekan kedepan.

“Total seluruh anggota gabungan yang terlibat sebanyak 2.004 personel di jajaran Polda Jabar, belum termasuk dari Polres, Kodim, Dishub, dan Satpol PP masing-masing wilayah,” ujarnya.

Menurut Letkol Kav Gan Gan, Operasi Zebra merupakan sebagai upaya efektif dalam menurunkan angka kecelakaan hingga pelanggaran lalu lintas di setiap wilayah.

“Khusus di daerahnya, lanjut dia, pelaksanaan Operasi Zebra 2023 dilakukan di tiga titik utama, serta beberapa titik lainnya ditentukan oleh Polsek dan Koramil se-Kabupaten Bogor,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menjelaskan, sasaran dalam Operasi Zebra 2023 yaitu pelanggaran kasat mata seperti kendaraan melawan arus, pengendara tidak mengenakan helm, dan lain-lain.

“Jadi seperti tidak memakai helm, melawan arus, yang membahayakan baik pengendara secara pribadi maupun orang lainnya, itu akan kita tindak,” tegas AKP Dicky Anggi.

Dicky melanjutkan, seluruh penindakan pelanggaran lalu lintas dalam Operasi Zebra ini, dilakukan dengan penilangan elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE).

“Ketika operasi ini, kita mengimbau dan SOP melakukan penindakan secara humanis. Penindakan nantinya dilakukan secara mobile dengan e-TLE. Sementara itu, bagi seluruh anggota yang terlibat akan memegang e-TLE mobile,” pungkasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *