Menilik Keseruan Ketiga Mahasiswa yang Tengah PKL di Disdukcapil Kabupaten Bogor

Cibinong, BogorOnline.com – Tiga mahasiswa dari tiga universitas ternama di wilayah Bogor, tengah menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, selama beberapa pekan belakangan ini.

Sebut saja, Silvia Amarata (21) dari Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, Hani Putri (21) berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dewantara Cibinong, dan Ikhsan Irmansyah (23) dari Universitas Bina Sarana Informatika, yang saat ini tengah menjalan tugas PKL-nya di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

Kepala Sub Koordinasi (Kasubkor) Pindah Datang, pada Disdukcapil Kabupaten Bogor, Adie Irawan menyebut jika praktik kerja lapangan yang dilakukan ketiga mahasiswa di sub koordinasi yang ia pimpin itu, mereka hanya merupakan mahasiswa-mahasiswi yang ditugaskan oleh fakultasnya masing-masing untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses pelayanan yang ada di Disdukcapil Kabupaten Bogor, khususnya di Subkor Pindah Datang.

“Jadi ketiga mahasiswa ini, mereka hanya sedang belajar pelatihan sebelum bekerja di segi pelayanan. administrasi pemerintahan,” ujar Adi Kurniawan kepada wartawan media ini diruang kerjanya, Selasa (26/9/23).

Sementara itu, mahasiswi PKL dari Unpak Bogor, Silvia Amarata mengaku sangat senang akan dirinya yang diterima oleh Disdukcapil Bumi Tegar Beriman untuk melakukan tugas kuliahnya berapa praktek kerja lapangan.

“Saya sangat senang bisa PKL di Disdukcapil Kabupaten Bogor ini selama satu bulan kurang, untuk melihat bagaimana proses pelayanan pindah datang yang diberikan oleh Disdukcapil kepada seluruh masyarakatnya,” ucap Silvia.

Senada, Hani Putri Rahmawati (21) dari STIE Dewantara Cibinong, yang diketahui melaksanakan PKL nya itu selama enam (6) bulan lamanya, mengungkapkan rasa bangganya bisa terjun langsung membantu dan melihat proses pemberkasan serta pelayanan yang murah senyum dari para seluruh staf pekerja di Subkor Pindah Datang tersebut

“Sangat nyaman dan bangga bisa melakukan PKL di Disdukcapil Kabupaten Bogor, karena dinas ini adalah instansi yang betul-betul bersentuhan secara langsung dengan masyarakat disisi pengurusan administrasi kependudukan,” imbuhnya.

Masih ditempat sama, mahasiswa dari Universitas BSI, Ikhsan Irmansyah (23) menuturkan, bahwa dirinya yang dapat kesempatan baik lantaran bisa melaksanakan PKL di instansi adminduk selama tiga (3) bulan lamanya, dikarenakan dapat secara langsung merasakan momentum para pegawai dan staf Disdukcapil Kabupaten Bogor saat melayani masyarakatnya yang berbeda-beda karakter.

“Seru banget, dan alhamdulilah saya sangat bersyukur bisa PKL disini, semoga ilmu yang saya peroleh saat ini bisa saya terapkan setelah wisuda nanti dan bekerja nanti bagaimana melayani masyarakat dengan murah senyum seperti para kakak-kakak yang bekerja disini,” tandasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *