DENGAN PROGRAM GEMAS, MENINGKATKAN LITERASI PELAJAR MUDA DI KOTA BOGOR

Sebuah inisiatif baru yang berjudul Program GEMAS 2024 (Gerakan Membaca Asik Seru) telah diluncurkan untuk meningkatkan tingkat literasi di kalangan pelajar muda di Kota Bogor. Kegiatan ini khusus dirancang untuk siswa kelas 4 dan 5 SD di SDN Babakan Kota Bogor, dengan serangkaian kegiatan yang mendidik dan menginspirasi.

Program Gemas dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 18 hingga 19 April 2024, antara pukul 09.00 hingga 11.00 WIB di Ruangan Kelas dan Perpustakaan SDN Babakan Kota Bogor. Kegiatan ini meliputi sosialisasi literasi, diskusi kelompok, dan pengenaan Lembar Baca yang bertujuan untuk melibatkan sekitar 90 hingga 130 pelajar dalam membuat buku yang sesuai dengan minat dan hobi mereka.

Lembar Baca merupakan alat bantu yang sangat berguna dalam kegiatan literasi, terutama bagi pelajar muda. Pada lembar ini, setiap peserta bisa mencatat informasi penting seperti judul buku, nama penulis, dan penerbit. Ini memudahkan mereka dalam mengorganisir dan mereferensikan sumber yang digunakan. Lebih dari sekedar catatan, Lembar Baca juga menyediakan ruang bagi peserta untuk memberikan penilaian atas bacaan mereka melalui emoji. Penilaian ini bisa berkisar dari sangat menyukai hingga tidak menyukai, yang membantu dalam mengidentifikasi jenis buku atau topik yang paling menarik bagi masing-masing pembaca. Dengan cara ini, Lembar Baca tidak hanya mendukung kegiatan membaca dan menulis tetapi juga mendorong interaksi emosional pelajar dengan materi yang mereka baca, membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan personal.

Sebagai bagian integral dari Program Gemas, FGD akan memberikan platform untuk berdiskusi secara mendalam tentang pentingnya literasi di kalangan pelajar muda. FGD ini akan dipandu oleh fasilitator dari komunitas yang berpengalaman dalam bidang literasi dan pendidikan. Komunitas BoRa, Komunitas Baca Kita, Komunitas Literasi Nusantara dan Departemen Sosial dan Lingkungan Masyarakat BEM Sekolah Vokasi IPB University. Peserta akan diajak untuk berbagi pengalaman, pemikiran, dan ide-ide mereka tentang bacaan nya, serta mencari solusi bersama untuk meningkatkan minat membaca di kalangan anak-anak.

“Kami percaya bahwa literasi adalah kunci penting dalam pengembangan personal dan akademis anak-anak. Melalui Program Gemas, kami berharap tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa, tetapi juga menumbuhkan kecintaan terhadap literasi yang akan bertahan seumur hidup,” ujar Nora Niswatun, Penyelenggara Program Gemas.

Program ini tidak hanya mendukung pengembangan keterampilan literasi dasar tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri pelajar dalam mengekspresikan ide dan kreativitas mereka. Kerja sama dengan komunitas literasi lokal telah memungkinkan SDN Babakan memperoleh sumber daya dan dukungan yang diperlukan untuk mengimplementasikan program ini dengan sukses.

Penulis : Hafiz Firjatullah, Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *