Kasus Cerai Di Kabupaten Bogor, Tertinggi Se Jawa Barat

bogorOnline.com – GUNUNG PUTRI

Tingkat perceraian di Kabupaten Bogor tertinggi se Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun 2024. Hal itu seperti penjelasan Ketua Pengadilan Agama (PA) Cibinong Kabupaten Bogor Kelas IA Siti Salbiah mengatakan,  memang tahun ini angka perceraian di Bumi Tegar Beriman tertinggi se Jawa Barat. Bersaing dengan Indramayu yang untuk data lengkapnya silahkan ke bagian Hubungan masyarakat (Humas) PA Cibinong, Jalan Bersih No.1, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Untuk faktor yang membuat angka cerai tinggi kebanyakan adalah soal ekonomi,”
singkatnya saat ditemui bogorOnline.com kemarin usai penyuluhan hukum terpadu, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunungputri.

Sekedar informasi pendaftaran kasus perceraian di Kabupaten Bogor meningkat pada Mei 2023. Terdapat 700 kasus yang terdaftar, terdapat 400 kasus, saat ini (per 17 Mei 2023) tercatat sekitar 700an, terjadi peningkatan 2 kali lipat.
Tercatat Pengadilan Agama Cibinong telah menangani sebanyak 3.200 kasus. Sebanyak 2.400 di antaranya merupakan kasus perceraian.

Terpisah salah satu warga sekitar Wahyudin menambahkan, perceraian yang terjadi didalam kehidupan rumah tangganya adalah faktor ekonomi dimana sulitnya mencari pekerjaan diusianya saat ini. Sehingga dirinya suka tidak suka harus menjalani pekerjaan serabutan.

“Ya alasan istri saat itu karena saya gak kerja dan susah buat saya menafkahi keluarga disamping itu sulit diusia saya untuk cari kerja dimana setiap tahun angkatan kelulusan sekolah kian banyak,” ujarnya.(rul)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *