Resmi Dilantik, Gekrafs Kota Bogor Siap Majukan Ekonomi Kreatif

BOGORONLINE.com – Pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kota Bogor periode 2024-2027 dikukuhkan dan dilantik di Gedung Serba Guna DPRD Kota Bogor, Sabtu (11/5/2024), siang,

Dalam pelantikan tersebut, Muhyiddin Damia didaulat menjadi Ketua DPC Gekrafs Kota Bogor. Pelantikan dilakukan langsung oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gekrafs Jawa Barat Avip Firmansyah, dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gekrafs Kawendra Lukistian beserta jajaran.

Dalam susunan pengurus DPC Gekrafs Kota Bogor muncul nama-nama artis top nasional, seperti Brisa Jodie, Dede Sunandar, dan Suwardi Becaklawu.

Sedangkan di Dewan Pembinan, Dewan Pakar, dan Dewan Penasehat ada Dedie A. Rachim sebagai Ketua Dewan Pembina, Jaenal Mutaqin dan Rifki Torik sebagai Dewan Pembina.

Kemudian, Zulfikar Priyatna sebagai Ketua Dewan Pakar, Suwardi Becaklawu sebagai Dewan Pakar, Benninu Argoebie sebagai Ketua Dewan Penasehat serta Shakrul Mubarak alias Kombes sebagai Dewan Penasehat.

Dengan demikian, formasi kepengurusan Gekrafs Kota Bogor ini dibilang “bertabur bintang”. Dalam acara itu juga digelar bazar UMKM dari Kota Bogor yang mengelilingi lokasi acara dengan sekitar 39 tenan UMKM yang dihadirkan oleh panitia pelantikan Gekrafs Kota Bogor.

Gekrafs ini, kata Eri Dentira, gerakan ekonomi kreatif yang mana bergerak bersama-sama untuk menumbuhkan ekonomi, terutama ekonomi kreatif yang ada di Kota Bogor.

“Adapun jumlah pengurus 55 orang dengan masing-masing dengan latar belakang beda-beda baik dari segi usaha mereka, pekerjaan, bahkan kalau kita bicara partai pun mereka berbeda-beda, jadi Gikrafs ini menjadi satu wadah untuk kita menjalin silaturahmi,” katanya.

Eri Dentira berharap Gekrafs ini menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Bogor dan nantinya pelaku ekonomi kreatif ini bisa sama-sama maju memajukan Kota Bogor, sehingga bukan Gekrafs yang maju, tapi Kota Bogor dan pelaku ekonomi Kota Bogor ini menjadi maju lagi.

Sebelumnya, Ana Ismawati, S.IP., M.Si selaku Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor mewakili Kepala Disparbud Kota Bogor Iceu Pujiati dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih bahwa Kota Bogor hari ini telah resmi memiliki Gekrafs yang dirasa ini adalah sebuah bagian dari partisipasi masyarakat untuk bagaimana menggerakkan ekonomi kreatif di Kota Bogor.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan, bahwa Kota Bogor juga telah memiliki dan menetapkan forum ekonomi kreatif Kota Bogor dan merupakan wadah bagaimana untuk menggerakkan ekonomi kreatif di Kota Bogor.

Ana Ismawati merasa dengan dilantiknya Gekrafs ini akan menjadi satu sumber kekuatan baru untuk bagaimana ke depan mampu membangun sinergitas dan kolaborasi.

“Mudah-mudahan sinergitas kolaborasi ini mampu kita wujudkan kedepan untuk lebih memperkuat ekonomi kreatif di Kota Bogor,” harap Ana Ismawati.

Sementara itu, Ketua Gekrafs Kota Bogor, Muhyiddin Damia mengatakan, pihaknya akan siap berkolaborasi dengan seluruh dengan pemangku kepentingan baik ekskutif, legislatif maupun organisasi-organisasi lain.

“Dan tentunya masih banyak PR yang harus kita lakukan, tapi tentunya PR kita ini tidak terlalu sulit, karena ternyata selama hampir setahun sebelum pelantikan, kami sudah melakukan beberapa kali audensi dan ternyata di Kota Bogor ini sudah punya Embrio ekonomi kreatif itu ada contoh di Bogor Creative Center (BCC) terus di Tajur juga ada, nah inilah menjadi awal cikal bakal nanti bisa kita kembangkan di ekonomi kreatif di Kota Bogor,” katanya.

Dalam video yang ditayangkan, Menteri Kemenparekraf dan selaku Ketua Dewan Pembina DPP Gekrafs juga mengaku Optimis atas kemajuan ekonomi kreatif di Kota Bogor.

“Saya optimis, Gekrafs Kota Bogor dibawah komando Kang Muhyiddin ekonomi Kreatif di Kota Bogor akan melaju pesat dan berdampak positif bagi Masyarakat Kota Bogor”.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Penasehat Gekrafs Kota Bogor, Benninu Argoebie mengatakan, kehadiran gerakan ekonomi kreatif di Kota Bogor ini merupakan langkah yang baik.

Ia juga menyampaikan kepada Gekrafs Kota Bogor selamat berjuang bersama-sama ke depannya termasuk bisa sinergi dengan berbagai agenda di Kota Bogor.

“Insyaallah tahun 2026 Kota Bogor menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi, itu olahraga dan yang hadir itu pasti ga akan kurang dari 100 atlet dan pelatih dan official dan orang tua, jadi tampaknya UMKM kita pada saat itu bisa berkembang,” katanya.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Bogor ini juga berharap kepada Ketua Gekrafs Kota Bogor, Muhyiddin Damia dekat-dekat sama KONI Kota Bogor.

“Insyaallah kita sama-sama susun bagaimana tamu-tamu yang datang ke Kota Bogor bukan hanya ngindep aja, tetapi belanja pulang menyisakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kota Bogor, supaya Insyaallah ke depan Gekrafs punya dana hibah dari Dinas Pariwisata untuk itu, Insyaallah nanti kita sama-sama kita bantu ke depan,” tandasnya. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *