Dahri Iskandar, Pengusaha Konveksi dengan Konsep Man Jadda Wajada

Usaha konveksi adalah salah satu lini usaha pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan sandang. Usaha ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan pakaian. Dunia fashion yang dinamis dengan selalubergantinya tren mode semakin menjadikan bisnis konveksi ini memiliki ruang gerak yang luas, prospeknya pun sangat menjanjikan.

Bisnis di bidang kebutuhan pokok seperti pakaian, memang menjanjikan dan gak ada matinya. Tapi kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dan menjalin kerjasama yang baik antara customer agar kita bisa bertahan dan tetap bisa bersaing dengan pengusaha konveksi lain. Sebagai seorang guru di sekolah swasta tepatnya di daerah cileungsi, usaha konveksi sangatlah berarti karena pemenuhan seragam sekolah, dari SD, SMP, SMA, Komunitas, Pabrik, yang ada di sekitar cileungsi cukup banyak.

Adalah Dahri Iskandar, pria kelahiran 1977 ini memulai usaha Konveksi Nawa Collection (NC_31)  sejak 2005. Dengan membangun tagline “Siapa yang Bersungguh-sungguh Pasti Berhasil”,

“Usaha saya bergerak pada bidang yang biasa disebut konveksi oleh banyak orang. Konveksi Nawa Collection (NC_31)   ini melayani pembuatan Seragam Karyawan, Seragam Sekolah, Seragam Olah Raga, Kaos Oblong, kaos berkerah, kemeja, jaket, rompi, Sablon dan Bordir.

 Dalam Dunia Usaha kita harus Fokus

Meskipun banyaknya jenis usaha yang dapat kita jalani, tapi sebagai insan yang memiliki jiwa yang bersih dan percaya/yakin bahwa usaha yang kita jalani akan bertahan dan menjadi besar, “karena orang besar berangkat dari yang kecil”Jangan lupa berdoa dan berusaha dan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka kita serahkan saja pada Allah SWT,

Alhamdulillah, dari tahun 2005 Konveksi Nawa Collection di buka kami telah menerima pesanan luar daerah, dari Aceh, Bangka, Belitung, dan tidak dilupakan daerah bogor sendiri,

Pada tahun 2012 konveksi, tailor, sablon, bordir yang berada di daerah cileungsi bergabung membuat Komunitas dengan nama Komunitas Usaha Mandiri (KUM) dengan anggota Konveksi se-bogor timur. Yang sudah bergabung ada 12 pengusaha dibidang konveksi, dengan tujuan saling tolong menolong dan sukses bersama dalam bidang konveksi.

“Kalau konveksi itu usaha kami tergantung pesanan. Tapi, Alhamdulillah setiap bulan selalu ada yang pesan, dan paling besar transaksi bisa mencapai Rp 50 jutaan,” ujarnya.

Tips sukses pengusaha konveksi

Sebagai pengusaha konveksi saya  tidak pelit berbagi tips sukses bagi pengusaha konveksi. Berikut beberapa tips yang dipaparkan oleh saya sebagai seorang pengusaha konveksi.

1. Menjaga kualitas

Berbicara soal kualitas produk, Konveksi Nawa Collection ini menjamin tidak akan mengecewakan. Sebab, dia sudah melakukan quality control pada semua tahap produksi, mulai sablon, jahit, bordir, hingga proses packing. Tak hanya memuaskan konsumen, kualitas juga selalu terjaga, tetapi jika terjadi yang tidak diinginkan maka kita harus siap mengganti dengan yang baru.

Detail kualitas produk selalu diperhatikan oleh Dahri, karena kualitas yang bagus memberikan kepuasan konsumen. Pelanggan yang puas membuka peluang minimal untuk kembali memesan produk kita lagi. Kalo mereka mau memberikan rekomendasi ke orang lain karena kepuasan yang diperoleh akan lebih menguntungkan kita lagi.

2. Harga terjangkau

Selain itu, dia memberikan kepuasan produk lewat harga yang terjangkau. Dahri memberikan harga yang pantas bagi produknya dengan kualitas yang terjaga. Ia pun menyediakan bahan kaos mulai dari katun TC, hyget, semi katun, katun combed.

“Kami ada banyak pilihan harga. Semuanya tergantung bahan yang diminta, dan kalau untuk pesanan, saya sudah melayani sampai luar Jawa,” ceritanya.

3.Tepat Waktu

Pelanggan biasanya ingin harga terjangkau, kualitas bagus dan juga waktu tepat sesuai dengan perjanjian, biasanya pelanggan banyak kecewa pada waktu barang diterima tidak sesuai perjanjian yang akhirnya pelanggan kita tidak kembali lagi memesan barang.

Sekian gan, semoga bermanfaat, dan mampu berkiprah, dan sukses di dunia Konveksi.