by

Eksekusi Optimalisasi Terminal Baranangsiang

Kota Bogor – bogoronline.com
Adanya titik terang terkait kelanjutan pembangunan optimalisasi Terminal Baranangsiang. Dengan adanya pertemuan antara Walikota Bogor dengan PT PGI selaku pelaksana optimalisasi terminal Baranangsiang, mendapat sambutan antusias dari Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman.
Usmar mengungkapkan bahwa rencana pembangunan optimalisasi Terminal Baranangsiang itu tertunda karena adanya rencana pembangunan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT), dan adanya usulan revisi Perpres nomor 98 tahun 2015 tentang LRT.
“Kalau semuanya sudah clear dan apabila sudah ditetapkan bahwa pembangunan LRT sampai ke Terminal Baranangsiang, maka realisasinya harus segera dilakukan. Mengingat pembangunan LRT itu ditargetkan pada tahun 2018 mendatang sampai Kota Bogor yaitu di Terminal Baranangsiang. Jadi tinggal segera di eksekusi saja realisasinya,” ungkapnya kepada Wartawan Usai menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Bogor Selatan, Pada Selasa (16/2/16).
Usmar menambahkan, kalau sudah pasti soal kelanjutan optimalisasi terminal Baranangsiang, tinggal dilanjutkan dengan pembuatan komitmen addendum baru, kerjasama antara Pemkot Bogor dengan PT PGI. Jadi harus jelas juga, kewenangan pihak ketiga dimana, kewenangan LRT dimana, kewenangan Pemkot Bogor dimana, termasuk soal terminal Transit untuk tetap melayani ada dimana. Selain itu, masalah sarana prasarana juga harus diutamakan, seperti pembangunan Park and Ride, Underpass maupun fasilitas fungsi lainnya.
“Selain merevisi desain soal optimalisasi terminal Baranangsiang, harus ada juga kesepakatan baru atau addendum, karena di tahun 2013 seharusnya sudah memulai kegiatan pembangunan fisik di terminal Baranangsiang, tetapi karena mengalami berbagai masalah, maka rencana pembangunan terhenti. Jadi langkah awal sekarang dengan adanya kejelasan dan kelanjutan soal optimalisasi terminal Baranangsiang, maka harus dilakukan dulu addendum baru,” pungkasnya.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed