Rammang Rammang Sulawesi Selatan, Wisata Penuh Histori

Ketika diajak ke Sulawesi Selatan, apa yang akan langsung terbersit di benak Anda? Kota Makassar? Ya, benar. Sebagai ibukota provinsi tentu Makassar jadi primadona di Sulawesi Selatan. Tidak hanya di Sulsel saja, Makassar juga dikenal sebagai destinasi wajib oleh para pelacong domestik dan beberapa dari mancanegara.

Mari sejenak melarikan diri dari salah satu kota besar di Indonesia tersebut. Berjarak sekitar 40 kilometer ke utara Makassar, Anda akan menemukan Kabupaten Maros, Kecamatan Bontoa dan tepatnya Desa Salenrang. Di desa tersebut sebuah objek wisata penuh histori – Rammang Rammang. Rammang Rammang Sulawesi Selatan tepatnya berada di Gugusan Pegunungan Kapur atau karst Maros-Pangkep.

Namun, sebelum Anda berangkat ke Rammang Rammang, ada baiknya untuk memastikan penginapan di Makassar. Anda bisa memesan jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Makassar. Salah satu rekomendasi hotel terbaik bagi Anda yang ingin berlibur di Sulawesi Selatan adalah Best Western Asia Hotel di Makassar. Apalagi sekarang sedang ada promo kartu kredit mandiri lho, Anda bisa dapat potongan hingga 50%!

Apa yang Menarik di Rammang Rammang Sulawesi Selatan?

Nama Rammang Rammang sendiri adalah kata “rammang” dari bahasa Makassar yang berarti awan atau kabut. Jadi, Rammang Rammang bisa diartikan sebagai sekumpulan kabut atau awan. Ada beberapa objek wisata yang bisa Anda temukan di sini, yakni Taman Hutan Batu Kapur, Gua Bulu’ Barakka’, Telaga Bidadari, Gua Telapak Tangan, Wisata sungai Pute, Gua Pasaung dan Kampung Berua.

  1. Taman Hutan Batu Kapur

Tahukah Anda bahwa taman hutan baru kapur atau karst ini hanya ada satu di Indonesia dan merupakan yang ketiga terbesar di dunia. Gugusan karst ini mencapai 43 hektare dengan panorama batuan berwarna hitam. Tidak hanya didominasi warna hitam, ada aliran sungai pula serta beberapa hamparan sawah sehingga bentuknya jadi unik karena seperti pahatan.

  1. Manusia Purba

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam nan luar biasa, Rammang Rammang juga kental dengan histori. Terdapat  tidak sedikit bukti sejarah yang menampilkan fenomena geologi yang pernah terjadi di sini. Salah satunya pergerakan lempeng bumi yang membentuk Pulau Sulawesi. Ada pula goa-goa prasejarah yang menjadi saksi manusia purba yang pernah mendiami bukit-bukit karst ini.

  1. Sungai-sungai di pegunungan karst Rammang Rammang

Telah disebutkan sebelumnya, pegunungan karst Rammang Rammang dilengkapi pula dengan aliran sungai. Diapit oleh persawahan serta rumah-rumah panggung penduduk, taman batu, gua dan jembatan menciptakan pemandangan yang menarik, bukan? Perpaduan tersebut sangat jarang bisa kita dapatkan bahkan di belahan dunia lain. Pemandangan seperti ini hanya bisa Anda lihat di China dan Maros saja jika ingin menyebutkan kawasan lain selain Rammang Rammang.

Ingin berwisata ke Rammang Rammang Sulawesi Selatan? Anda bisa mencapainya dengan waktu sekitar 40 sampai 60 menit saja dari pusat kota Makassar.

Untuk mengelilingi pegunungan karst Rammang Rammang, sewa perahu milik warga untuk melewati jalur sungai. Sementara itu untuk penginapan belum ada di sini. Jika ingin menginap di Rammang Rammang maka Anda bisa mencoba untuk meminta tumpangan di rumah warga sekitar. Atau, sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, menginap di hotel di pusat kota tentu jadi opsi terbaik. Jangan lupa untuk bawa kartu kredit Mandiri Anda ya supaya bisa dapat diskon 50% dari Best Western Asia Hotel di Makassar. Selamat berlibur!

 

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.