Satpol PP Kabupaten Bogor Siapkan Lahan Untuk PKL

CIBINONG- Guna meningkatkan ketertiban lingkungan di Kabupaten Bogor, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor melakukan penertiban terhadap 1200 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kabupaten dengan pola humanis. Dimana ribuan PKL tersebut tidak di hilangkan, tetapi diberikan tempat khusus bagi para PKL sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Tb Luthfie Syam menuturkan, mulai tahun ini pola penertiban dan penegakan Peraturan Daerah (Perda) yang dilakukan pihaknya melalui pendekatan yang lebih bersahabat dengan masyarakat.

“Penataan dan pemberdayaan PKL kami lakukan melalui pendekatan, kami lakukan sharing agar mereka lebih paham dengan peraturan yang berlaku di Kabupaten Bogor. Sehingga mereka mau kami tertibkan, sebanyak 1200 PKL kami berhasil relokasi kesejumlah tempat yang telah kami sediakan,” tutur Lutfie saat dialog Interaktif di Harris Hotel Sentul.

Katanya menambahkan, untuk lebih optimal dalam melakukan penegakan Perda dengan cara humanis, pihaknya terus melakukan berbagai pelatihan kepada seluruh anggota Satpol PP Kabupaten Bogor melalui bimbingan teknis yang bekerjasama dengan pihak Kementerian.

“Ini kami lakukan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Satpol PP Kabupaten Bogor, kami ingin kehadiran Satpol PP lebih dekat dengan masyarakat Kabupaten Bogor. Sehingga mereka memiliki kemampuan profesional dalam melakukan penegakan Perda, kami tidak hanya sekedar menertibkan, tetapi bagaimana memfasilitasi para PKL ditempat yang lebih nyaman. Kami juga bekerjasama dengan pihak swasta sehingga seluruh PKL bisa kami fasilitasi dengan maksimal,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kasatpol PP Provinsi Jabar, Udjuwalaprana Sigit mengatakan, Satpol PP harus jadi sahabat masyarakat bukan musuh masyarakat. Sehingga cara dan pola penertiban harus dilakukan dengan lebih humanis dan profesional. Cara arogan seperti penggusuran yang dilakukan secara paksa harus dihilangkan, tetapi dilakukan melalui pendekatan sehingga mereka dengan hati terbuka mereka berkenan untuk ditetribkan.

“Pendekatan sangat penting untuk meyakinkan mereka, sebetulnya mereka membutuhkan kehadiran Satpol PP ini, cara yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Bogor sangat bagus, bukan hanya sekedar menggusur tetapi mereka diberikan tempat nyaman yang dikelola langsung oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bogor,” imbuh pria yang akrab disapa Sigit. (BO/Diskominfo Kabupaten Bogor)