Gugatan PDPK, Eksepsi Ditolak

Cibinong-bogorOnline.com
Pengadilan Negeri (PN) Cibinong menolak seluruh eksepsi yang diajukan oleh kuasa para tergugat dalam perkara gugatan Perusahaan Daerah Perkreditan Kecamatan (PDPK) Bogor kepada Pemprov Jabar selaku tergugat I, Pemkab Bogor selaku tergugat II dan PT.Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Bogor selaku tergugat III.

Ketua majelis hakim Bambang Setiawan mengatakan, dalam putusan sela menyatakan eksepsi yang diajukan para tergugat ditolak lantaran menyangkut pokok-pokok perkara.

Eksepsi tergugat itu menyangkut kewenangan absolut yang diatur dalam PTUN. “Kami putus eksepsi yang diajukan oleh para tergugat itu bukan kewenangan tata usaha negara tapi masalah kesengketaan,” kata Bambang kepada wartawan, kemarin.

Ia juga mengatakan, yang dipermasalhkan dalam perkara ini saat adanya proses perubahan badan hukum PDPK menjadi PT.LKM. Jadi menurutnya, harus tunduk pada Undang-undang Perseroan Terbatas (PT).

“Kalau tunduk pada UU PT maka kekayaannya itu harus dipisahkan, bukan lagi dari awal berdiri. Berarti yang berlaku itu hukum perdata sehingga harus diputus pokok perkaranya,” ungkapnya.

Bambang menerangkan, dalam persidangan berikutnya, pihak penggugat dan tergugat I, II dan III akan beradu data dan dokumen administrasi dari masing-masing. “Mereka akan membuktikan data-data yang dimilikinya,” jelasnya.

Saiful Anwar, selaku penggugat mengatakan, pihaknya memang menunggu babak baru dalam persidangan perdata di PN Cibinong. “Kita akan buktikan nanti di persidangan berikutnya,” ungkapnya.(di)