Jangan Pernah Memungut Flashdisk Yang Jatuh Di Jalan

bogorOnline.com
Disadur dari salah satu media online nasional, teknologi semakin maju, internet pun mulai menggantikan berbagai teknologi lama yang ada sebelumnya. Selain buku, surat konvensional, dan map, yang tergantikan oleh internet adalah fungsi Flashdisk yang mulai tergeser oleh cloud storage. Dampaknya, harga Flashdisk pun menjadi murah.

Karena murah, tak jarang ada orang yang menjatuhkan Flashdisk tapi tidak mencarinya. Mungkin karena sudah membuat cadangan di cloud storage. Tapi, jangan sekali-kali memungut Flashdisk di jalan.

Meski harga Flashdisk terbilang murah, saat ada yang menjatuhkannya di jalan kamu akan memungutnya, Atau kamu akan membiarkannya saja? Jaka yakin kamu akan memungutnya lalu menghubungkan ke komputer untuk melihat apa isinya. Padahal, ini sangat berbahaya. Kenapa?

Ancaman Malware

Sekelompok peneliti dari Google, University of Illinois Urbana-Champaign, dan University of Michigan membuat sebuah penelitian terbaru untuk menguji kebiasaan orang saat melihat Flashdisk di jalan. Hasilnya, 48% korban mengambil Flashdisk yang dijatuhkan tersebut. Bahkan ada yang menancapkannya langsung ke komputer.

Padahal saat ini telah ada virus Trojan yang disematkan ke dalam Flashdisk. Virus Trojan ini dapat menginfeksi komputer terkait walau dalam kondisi offline. Menyeramkan, kan?

Ancaman USB Killer

Kamu pernah gak nonton film mata-mata keren seperti Mission Impossible atau James Bond? Di film itu pernah ada adegan dimana pelaku menggunakan sebuah Flashdisk yang dapat menghancurkan komputer yang terhubung itu.

Tahukah kamu bahwa Flashdisk yang biasa disebut USB killer itu sekarang sudah menjadi kenyataan? Konsep USB Killer yang dikembangkan oleh Dark Purple ini mampu menghancurkan komputer kamu lewat aliran arus listrik yang cukup besar yang terkandung di dalam Flashdisk.

Gimana, seram kan ancaman yang datang dari Flashdisk yang kamu pungut dijalan ini? Daripada mengandalkan Flashdisk yang kamu pungut untuk menyimpan data, mending coba kamu gunakan layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox untuk menyimpan dokumen penting kamu. Gratis dan aman.(rul)