Aden Nawawi: HJB Perkokoh Nilai Kesundaan Warisan Siliwangi

Cibinong, Bogoronline.com – Camat Sukaraja, Raden Makmun Nawawi mengatakan, momentum Hari Jadi Bogor ke 534 adalah saatnya untuk menguatkan nilai-nilai Kesundaan yang telah diwariskan para silsilah Kerajaan Siliwangi.

“Yakni dengan menguatkan nilai-nilai Silih Asah Silih Asih Silih Asuh Silih Wangi untuk mewujudkan Indonesia Gemah Ripah Loh Jinawi,” ujar Aden kepada Bogoronline.com, usai mengikuti sidang paripurna utama di Gedung Tegar Beriman, Jumat (3/6/2016).

Aden menjelaskan, nilai-nilai kesundaan itu sudah terwujud di Kecamatan Sukaraja dengan semboyan program yang unik dan kental aksen Sunda. Yakni Cai Ngalir, Jalan Buncir, Beuteung buncir.

“Artinya Cai Ngalir, Bogor punya tanah yang subur dan semua bisa hidup di Bogor. Jalan Buncir artinya tidak ada lagi jalan rusak dan semua daerah terkoneksi baik. Beuteung buncir artinya, rakyat sejahtera karena lapangam kerja tersedia dan cukup pangan sandang dan papan,” jelas Aden.

Aden yang warga asli Bogor dari Tanah Baru, ini menambahkan sudah ratusan tahun Bogor berdiri dan masyarakat harus bangga apabila pembangunan sudah merata.

“Kita harus bangga apabila ada warga Bogor yang tidak dibohongi dengan seremoni yang sifatnya datar-datar saja. Kita harus bangga bila pendidikan sudah gratis ke pendidikan tinggi, kesehatan gratis, lebih maju sejahtera termasuk sarana prasarana agama dapat dibantu, seperti majelis taklim dan pesantren. Artinya usia Bogor sudah ratusan tahun maka harus ada Ratusan tahun harus ada peningkatan kesejahteraan warga,” tandasnya.n Herry Keating

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.