Curug Luhur Dikelola Swasta, Eksotis Tapi Tak Terawat

Tenjolaya – bogoronline.com – Curug Luhur adalah salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Bogor. Karena dikelola oleh pihak swasta, sangat disayangkan Curug Luhur memiliki dua buah air terjun yang sejajar dengan ketinggian tertinggi mencapai 62,4 m. Tidak dirawat dengan baik.
“Padahal dengan tiket masuk Rp. 40 ribu per orang dan tiket parkir Rp. 25 ribu, pengelola sudah bisa memelihara kondisi Curug dan wahana permainannya dengan baik,” Ujar, Dimas, salah seorang pengunjung.

Sesuai dengan pantauan bogoronline.com, wahana permainan air papan seluncur yang terbuat dari pelastik sudah usang dan banyak yang sobek – sobek, ada juga beberapa wahana seluncur yang sudah tidak bisa digunakan lagi.

Menurut sumber yang meminta tidak disebutkan namanya. Selain tidak Terawat ada beberapa bangunan yang berada di bibir Curug tanpa pengaman yang memadai, selain itu juga dia mempertanyakan sejauh mana kelengkapan perijinan yang dimiliki pihak pengelola.
“Setau saya kalau Curug itu dibawah pengawasan Balai Besar Wilaya Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, kalau dikelola oleh swasta, bagaimana aturan mainnya saya blm jelas,” ujarnya.

Suasana Curug yang eksotis, Konon sebenarnya cuman ada satu air terjun di kawasan ini, namun penduduk setempat membuat cabang baru pada aliran sungai dan membelokkannya sehingga tercipta air terjun baru.  Dikarenakan letak air terjun yang baru itu sedikit lebih tinggi, maka air yang mengalirpun tidaklah sederas air terjun utama.  Sumber kedua air curug ini berasal dari Gunung Salak.

Disamping kedua curug utama ini juga terdapat sederet limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah dengan ketinggian kurang lebih 2 meter. Limpahan air ini mirip air terjun mini yang bisa digunakan pengunjung untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan. Air terjun mini tersebut ditampung pada sebuah parit kecil yang akhirnya akan menyatu dengan limpahan air Curug Luhur pada sungai yang ada di bagian tengah bawah area.
Lokasi

Terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 39′ 38.59″ S  106° 42′ 21.71″ E
(die)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.