Hari Ini Arus Mudik Mulai Terlihat Tol Cikampek

bogorOnline.com

Disadur dari salah satu media online nasional, gelombang arus mudik di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek sudah dimulai pada Rabu, 29 Juni 2016 atau H-7 Lebaran. Sejumlah pemudik tampak sudah melintas di jalur bebas hambatan tersebut menuju arah Cikampek. Meski demikian, arus lalu lintas masih normal.

“Lalu lintas kendaraan sudah meningkat, tapi belum sigifikan,” kata juru bicara PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, Rabu, (29/6/16). Iwan mengatakan, lalu lintas kendaraan yang keluar dari gerbang tol Cikarang Utama pada Selasa hingga Rabu pagi tadi, mencapai 82.798 atau naik 12 persen dari lalu lintas normal.

Iwan mengatakan, hari ini kendaraan yang melintas di ruas jalan tol tersebut masih bercampur antara pekerja atau karyawan, angkutan umum, pemudik, serta kendaraan industri atau angkutan barang. Ia mengatakan, angkutan barang mulai distop beroperasi pada H-5 atau 1 Juli 2016. “Itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Perhubungan,” kata Iwan.

Menurut Iwan, angkutan barang yang biasa melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan kendaraan industri golongan empat dan lima seperti container atau trailer. Kendaraan besar itu yang biasa memicu terjadi kepadatan lalu lintas karena lajunya yang cenderung melambat. “Otomatis mempengaruhi laju kendaraan di belakangnya,” kata Iwan. “Sementara standarnya minimal 60 kilometer per jam.”

Iwan memastikan, bahwa kondisi jalur mudik di sepanjang ruas jalan tol Jakarta-Cikampek tak ada masalah. Adapun, perbaikan jalan ringan dengan sistem tambal sulam telah rampung dikerjakan, sehingga tak sampai mengganggu pengguna jalan tol atau pemudik. “Untuk jalur arus balik atau mengarah ke Jakarta masih ada pengerjaan,” kata Iwan.

Iwan menambahkan, puncak arus mudik di ruas tol tersebut dipredikasi terjadi pada Jumat malam-Sabtu pagi atau H-5 Lebaran. Pengelola memprediksi jumlah lalu lintas kendaraan pada puncak arus mudik mencapai 120 ribu, meningkat hingga tiga persen disbanding puncak mudik pada tahun lalu.

Berdasarkan pengataman Tempo, pada H-7 Lebaran sudah tampak para pemudik melintas di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Hal itu ditandai dengan banyaknya kendaraan yang terdapat barang bawaan di bagian atap. Sebagian dari mereka juga memanfaatkan rest area di kilometer 19 dan 33 untuk beristirahat.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.