by

Pemdes Bantarsari akan Gulirkan Gerakan Satu  Rumah Tanam Dua Pohon Jambu Kristal

Rancabungur – bogoronline.com – Warga Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur, kini mulai terkenal kesejumlah daerah di Indonesia, gara-gara desa yang kini dipimpin Lukmanul Hakim itu menjadi penghasil buah Jambu Kristal.

Bahkan rencannya dengan komoditas Jambu Kristal, Pemerintah Desa Bantarsari, bertekad  menjadikan desa yang sebagian besar wilayah itu lahan pertanian sebagai tujuan wisata agro.

“Itu menjadi rencana besar kami, karena dengan wisata agro, para petani dan warga sekitar memiliki penghasilan tambahan,” kata Kepala Desa Bantarsari, Lukmanul Hakim, Kamis (28/07).

Sebelumnya, meski lahannya cocok untuk tanaman Jambu Kristal, namun para petani dan warga di Bantarsari, tak pernah menjadikan buah jambu sebagai sumber penghasilan utama. “Itu disebabkan, para petani sulit mencari pasar, akibatnya menanam pohon jambu hanya dijadikan sampingan saja,” ujar Lukman.

Lukman pun mengaku punya mimpi dengan Jambu Kristal sebagai komoditas andalan, suatu saat atau beberapa tahun kedepan, taraf kehidupan petani dan warga meningkat. Lukman pun mengatakan, pada Agustus mendatang akan meluncurkan program gerakan menanam dua pohon Jambu Kristal di setiap rumah.

“Pemerintah desa kini tugasnya mempromosikan komoditas Jambu Kristal ke seluruh Indonesia melalui jaringan internet. Alhamdulillah berkat promosi di internet, dalam beberapa bulan terakhir ini, Desa Bantarsari kedatangan tamu dari sejumlah daerah, yang ingin belajar atau studi banding, bahkan ada pula pelajar dari sebuah sekolah di Jakarta yang datang untuk praktik lapangan,” ungkapnya.

Sadari, Anggota Komisi II DPRD turut mengparesiasi gebrakan yang dilakukan sang kepala Desa Bantarsari, yang akan menjadikan Jambu Kristal sebagai ikon desa. “Jambu Kristal itu pasarnya tidak lagi sulit seperti dulu, karena sekarang ada trend warga mulai menggemari lagi buah-buah lokal,” katanya.

Jambu Kristal kata Sadari memang cocok ditanam di Desa Bantarsari.  Meski demikian, karena tanaman Jambu Kristal ini  baru bisa dipanen sekitar satu hingga dua tahun, para petani tetap menanam sayur mayur. “Rancabungur selama ini kan dikenal sebagai penyuplai sayur mayur, seperti bayam dan kangkung ke sejumlah pasar baik di Kota maupun Kabupaten Bogor. Jadi tanaman itu jangan diabaikan,” pungkasnya. (zah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed