Portugal Juara Piala Eropa 2016, Libas Prancis 1-0

bogorOnline.com
Disadur dari salah satu media online nasional, Tim nasional Portugal akhirnya menjadi juara Piala Eropa 2016 setelah menaklukkan tuan rumah Prancis 1-0 melalui babak tambahan waktu dalam pertandingan final yang berlangsung di Stade de France, Saint-Denis, Senin dinihari WIB, 11 Juli 2016.

Sebagaimana ditayangkan RCTI, Eder menjadi pahlawan Portugal dengan mencetak gol satu-satunya buat tim yang dalam pertandingan ini tidak diunggulkan. Pada menit 109, dia berhasil lolos dari penjagaan Koscielny. Menikmati ruang yang luas, Eder melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti ke sudut kanan gawang. Kiper Prancis Hugo Lloris tak bisa mengantisipasinya.

Pelatih Prancis Didier Deschamps merespons dengan menarik keluar Sissoko dan memasukkan Anthony Martial. Tapi Prancis tak juga berhasil mencetak gol balasan. Portugal akhirnya menjadi juara setelah wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Portugal pun berhasil membayar kekalahan mereka di final Piala Eropa 2004, saat mereka menjadi tuan rumah dan ditaklukkan Yunani.

Kemenangan Portugal ini juga membuktikan bahwa mereka tidak selalu bergantung pada sang megabintang, Cristiano Ronaldo. Pemain Real Madrid itu ditarik keluar pada menit 26. Dia terpaksa ditandu keluar karena kesakitan akibat cedera yang dialami setelah ditackle Dimitri Payet.

Bagaimanapun, di babak tambahan waktu Ronaldo ada di pinggir lapangan untuk turut menyemangati kawan-kawannya. Dia turut mengantar Portugal menjadi juara, kendati belum berhasil melampaui rekor Michel Platini dalam hal jumlah gol di putaran utama Piala Eropa.(rul)