Lahir Batin Persiapan Daker Makkah Sambut Jemaah

Makkah – bogoronline.com – Jemaah haji Indonesia malam ini akan mulai tiba di Kota Makkah Al-Mukarramah. Petugas haji Daker Makkah terus melakukan persiapan penyambutan dan rencana pelayanan, bahkan sejak dari sepekan yang lalu.

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat bahkan sepanjang hari ini, Rabu (17/08), mengumpulkan para Kepala Sektor dan Kepala Seksi untuk mengecek persiapan akhir pelaksanaan tugas pelayanan pada penyelenggaraan ibadah haji di Makkah.

Sejumlah point dibahas untuk memastikan semuanya sudah sesuai dengan yang direncanakan. Kepada tim Media Center Haji (MCH) Daker Makkah, Arsyad Hidayat menjelaskan perkembangan persiapan akhir dalam menyambut jemaah haji sebagai berikut:

Pemondokan

Menurut Arsyad, rumah yang akan ditempati jemaah haji Indonesia, umumnya sudah siap dan sudah diserahkan kuncinya. Ada yang belum diserahkan karena pihak pemilik memahaminya kunci baru akan diserahkan lima hari sebelum kedatangan jemaah di pemondokan mereka. Padahal klausul kontraknya menyebut kunci harus diserahkan lima hari sebelum kedatangan kloter pertama di Makkah.

“Saya sudah minta masing-masing Kasektor untuk menjelaskan hal ini. Setelah rapat, mereka akan langsung menyampaikan kepada pemilik rumah agar kunci pemondokannya bisa segera diserahkan,” kata Arsyad.

Dari sisi kualitas, Arsyad memastikan kalau pemondokan jemaah setingkat bintang tiga. Tersebar di wilayah Aziziah, Mahbas Jin, Jarwal, dan Misfalah, semua pemondokan jemaah sangat layak dan dilengkap beragam fasilitas, antara lain: masjid, restoran, bahkan ruang kantor pelayanan sektor.

Katering

Selama di Makkah, jemaah haji Indonesia akan mendapatkan dua kali makan (siang dan malam) selama 12 hari. Untuk memastikan kualitas dan rasa masakan bercitarasa Indonesia, tim pengawas katering telah melakukan visitasi dan monitoring, khususnya kepada dapur penyedia katering yang baru menjalin kerjasama pada tahun ini.

Selasa (16/08) malam, Daker Makkah mengumpulkan 23 perusahaan peyedia katering. Dari hasil visitasi dan pengawasan, ada tiga perusahaan katering yang mendapat teguran keras dan diminta untuk segera melakukan perbaikan. Ketiga penyedia katering itu adalah Syalal Asia, Ruwad Makkah, dan Rimas.

“Kita mengeluarkan teguran kepada tiga penyedia katering yang belum siap memberikan layanan. Tadi pagi dan siang, tim pengawas sudah melakukan pengawasan dan pengecekan kembali. Alhamdulillah mereka melakukan perbaikan,” terang pria yang sehari-hari bertugas sebagai staf 3 Teknis Urusan Haji KJRI Jeddah ini.

‘Berdasarkan laporan yang kami terima, semua sudah melakukan perbaikan. Rimas bahkan sudah menyerahkan sample makanan yang proses produksinya langsung disaksikan pengawas,” tambahnya.

Bus Salawat

Bus salawat sudah siap mengantarkan jemaah untuk melaksanakan umrah dari pemondokan menuju Masjidil Haram. Tim transportasi sudah melakukan simulasi rute transportasi bus salawat pada Minggu dan Senin lalu. Ada dua perusahaan bus penyedia bus salawat untuk jemaah haji Indoensia, yaitu: Rawahil dan Saptco. “Semua sudah siap beroperasi mengantarkan jemaah untuk melaksanakan umrah dari pemondokan ke Masjidil Haram pada awal kedatangan di Makkah,” urainya.

394125

Perlindungan

Dalam rangka memberikan perlindungan kepada jemaah haji, Kepala Seksi Perlindungan Jemaah dan Kepala Sektor Khusus Masjidil sudah melakuakan orientasi lapangan. Mereka juga telah menempatkan para petugas di beberapa titik untuk tugas perlindungan. “Seksi keamanan Daker juga sudah melakukan komunikasi dengan petugas linjam sektor dalam rangka mengoptimalkan perlindungan kepada jemaah,” ujarnya.

Untuk keamanan, Arsyad mengaku sudah meminta masing-masing sektor agar tidak mengizinkan selain jemaah haji untuk masuk ke kamar hotel. Kalau ada mukimin yang akan berziarah ke saudaranya yang kebetulan sedang berhaji, agar nunggu di bawah dan jemaah haji yang turun untuk menemuinya. “Selain untuk kemananan, hal ini juga untuk kenyamanan jamaah haji lainnya,” tandasnya.

Kesehatan

Tim kesehatan Daker Makkah juga siap menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia. menurut Arsyad, dirinya sudah meninjau beberapa klinik sektor dan semua siap memberikan pelayanan. Obat sudah di kirim, bed one day care juga sudah dipasang, ujarnya.

“Dokter yang ada di sektor juga sudah membuat rencana untuk melakukan visitasi bersama dokter kloter sehingga bisa melakukan deteksi dini terhadap kesehatan jemaah haji,” tambahnya.

Khatmil Quran

Selain persiapan fisik, Daker Makkah juga melakukan persiapan batin berupa khataman Al-Quran dan doa bersama. Kegiatan yang berlangsung sore tadi di Kantor Daker Makkah ini digawangi oleh tim Bimbingan Ibadah. Khataman Al Quran dilanjutkan dengan tahlil dan doa bersama.

“Dalam menyongsong penyelenggaraan ibadah haji, tidak cukup usaha fisik saja. Meski sudah melakukan perencanaan yang baik, masih ada yang lebih baik. Meski sudah menyusun ide-ide besar, masih ada yang lebih besar. Kita berusaha semaksimal mungkin, tapi kita serahkan semuanya kepada Allah,” ujar Arsyad.

“Mudah-mudahan dengan pembacaan Al Quran dan doa khatmil Quran, kita bisa mendapat keberkahan untuk pelayanan haji di Arab Saudi. Mudah mudahan lancar dan tidak ada kendala,” harapnya. (die)